Depan > Pendidikan > Kwaran Gerakan Pramuka Kraksaan Gelar Persami

Kwaran Gerakan Pramuka Kraksaan Gelar Persami

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Pramuka, Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kraksaan menggelar perkemahan Sabtu malam Minggu (Persami), Sabtu dan Minggu (13-14/8/2022) di hamparan Sekolah (SDN Patokan I, SMP Negeri 1 Kraksaan dan SMA Negeri 1 Kraksaan .

Kegiatan tingkat penggalang SD/MI dan SMP se-wilayah Kwaran Gerakan Pramuka Kraksaan ini mengambil tema “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa “ dan moto “Giat Pramuka Kembali ke Gugus Depan”.

Persami ini dibuka secara resmi dibuka oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya) Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti di halaman Kantor SKB Kraksaan, Sabtu (13/8/2022)

Selama kegiatan para pramuka penggalang di wilayah Kecamatan Kraksaan ini mendapatkan materi tentang kerohanian, tehnik Kkepramukaan, patriotisme, pentas seni dan upacara HUT Pramuka.

Korwil Bidang Dikdaya Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti mengatakan gerakan pramuka adalah sebagai wadah pembinaan generasi muda yang senantiasa mengembangkan pendidikan dan pembinaan watak serta keterampilan dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar dan metodik kepramukaan.

“Hal ini untuk menciptakan kader-kader pembangunan bangsa yang berwawasan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (Iptek) dengan dilandasi iman dan taqwa (Imtaq) serta kepribadian Profil Pelajar Pancasila,”katanya.

Sofiah menjelaskan momentum HUT ke-61 Pramuka tahun 2022 membangkitkan kembali semangat kegiatan Pramuka di gugus depan sebagai ektrakurikuler wajib di satuan pendidikan pasca pandemi Covid-19.

“Tentunya ini memberikan sejumlah pengalaman kegiatan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri secara optimal melalui kegiatan mandiri atau berkelompok dalam kepramukaan dan merealisasikan program kerja Kwaran Gerakan Pramuka Kraksaan,” pungkasnya. (wan)