Wednesday, September 22, 2021
Depan > Kesehatan > Kurangi Risiko Penularan Covid-19 Saat Buka Bersama di Warung/Restoran

Kurangi Risiko Penularan Covid-19 Saat Buka Bersama di Warung/Restoran

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Bulan Ramadhan seperti ini biasanya banyak yang ingin menghabiskan waktunya untuk ngabuburit bahkan buka bersama di warung/restoran. Namun demikian harus diperhatikan bagaimana cara mengurangi risiko penularan Covid-19 saat buka bersama di warung/restoran.

“Harus kita ingat bahwa status Covid-19 masih belum hilang dari muka bumi, walaupun angka kasus di Indonesia khususnya di Kabupaten Probolinggo menurun. Kita tetap harus waspada selama belum ada keputusan dari pemerintah yang menyatakan bahwa kita sudah aman,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 saat buka bersama di warung/restoran. Pilihlah restoran yang ada lokasi outdoornya dan hindari waktu-waktu yang ramai pengunjung. “Pilih restoran/kafe/warung yang benar-benar menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Hal lain yang harus dilakukan saat buka bersama di warung/restoran adalah wajib memakai masker sepanjang waktu (kecuali saat makan/minum) serta usahakan saat makan menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain dan tidak berbicara saat makan. “Hindari berlama-lama nongkrong di restoran/kafe/warung serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,” terangnya.

Dewi menambahkan memang sangat ribet saat harus buka bersama di warung/restoran di masa pandemi Covid-19. Jadi tips amannya memang lebih baik pesan makanan dengan ojek online dan makan di rumah saja dengan keluarga.

“Kita saling mengingatkan untuk tetap tertib dengan menerapkan protokol kesehatan saat sedang buka bersama di warung/restoran atau dimanapun kita berada, karena Covid-19 masih ada,” pungkasnya. (wan)