Wednesday, October 20, 2021
Depan > Kesehatan > Rapid Test Antigen Masal Bagi 7 Kecamatan Zona Merah Dimulai 11 Januari 2021

Rapid Test Antigen Masal Bagi 7 Kecamatan Zona Merah Dimulai 11 Januari 2021

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksanaan rapid swab antigen massal di 7 keccamatan zona merah tersebut sebenarnya direncanakan serentak mulai tanggal 11 Januari 2021, menunggu kesiapan masing-masing puskesmas.

“Ke-7 kecamatan yang masuk dalam kategori zona merah tersebut diantaranya Kecamatan Paiton, Kraksaan, Pajarakan, Gending, Dringu, Sumberasih dan Kecamatan Leces,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, ternyata beberapa puskesmas sudah ada yang melaksanakan lebih dahulu. Tiap-tiap puskesmas melakukan tahapan-tahapan dengan lintas sektor untuk pelaksanaan rapid swab antigen.

“Tahapan tersebut mulai dari identifikasi sasaran, koordinasi, sosialisasi, pelaksanaan sampai evaluasi kegiatan, sehingga puskesmas yang sudah melalui tahap awal sudah bisa melakukan. Sarana dan prasarana dan tenaga tracer sudah didrop oleh Dinas Kesejhatan Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Lebih lanjut Dewi menerangkan saat ini semua puskesmas sudah menerima alat rapid test antigen yang sudah disediakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Dimana, masing-masing puskesmas di zona merah itu sudah tersedia 1000 rapid tes antigen. “Sedangkan puskemas lainnya, masing-masing puskesmas sudah tersedia 100 rapid tes antigen,” terangnya.

Untuk teknis pelaksanaan tambah Dewi, sasaran rapid swab antigen ini adalah kontak erat, orang yang bergejala, risiko tinggi, kelompok rawan, perumahan padat penduduk dan pelanggar protokol kesehatan.

“Jika hasil swab antigen tersebut positif, maka wajib dilakukan swab evaluasi dengan PCR. Jika hasil PCR positif, isolasi di rumah karantina Kabupaten Probolinggo selama 14 hari,” pungkasnya. (wan)