Thursday, September 23, 2021
Depan > Kesehatan > Puskesmas Tongas Launching Outlet Vaksinasi Covid-19 di Rest Area Tongas

Puskesmas Tongas Launching Outlet Vaksinasi Covid-19 di Rest Area Tongas

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Dalam rangka mendekatkan akses vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo, Puskesmas Tongas secara resmi melaunching booth atau outlet vaksinasi Covid-19 di Rest Area Tongas, Selasa (27/7/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) dr. Mirrah Samiyah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Mujoko dan Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani bersama korim dan petugas Puskesmas Tongas.

“Sasaran outlet vaksinasi ini adalah masyarakat sekitar yang beraktifitas di lokasi tersebut. Baik masyarakat lokal maupun pelaku perjalanan. Seperti mengurus perbankan di bank lokal, berbelanja di minimarket atau bahkan makan di warung dan restoran yang ada di Rest Area Tongas,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani.

Dengan adanya outlet vaksinasi Covid-19 ini jelas Nia, sapaan akrab Kurnia Ramadhani, masyarakat yang sedang berkunjung ke Rest Area Tongas untuk belanja di minimarket atau ke bank atau membeli makanan dapat sekaligus melakukan vaksinasi hanya dengan menunjukkan KTP dan nomer HP aktif.

“Petugas akan melakukan skrining kesehatan dilanjutkan vaksinasi dan observasi. Keseluruhan proses dilakukan dengan paperless. Outlet ini sementara buka setiap hari Selasa. Tidak menutup kemungkinan untuk menambah outlet atau menambah hari buka seiring permintaan atau animo masyarakat,” jelasnya.

Menurut Nia, oulet vaksinasi ini digagas untuk mendukung capaian vaksinasi di wilayah Puskesmas Tongas yang masih mencapai 23 persen dari target yang ditetapkan sebesar 70 persen. “Target vaksinasi Covid-19 di wilayah Puskesmas Tongas sebanyak 29.560 jiwa. Dosis pertama tercapai 6.765 jiwa dan dosis kedua mencapai 1.250 jiwa,” tegasnya.

Lebih lanjut Nia menjelaskan bahwa inovasi outlet vaksinasi ini memang ditargetkan mampu menjadi alat pelayanan masyarakat. Dengan demikian masyarakat yang ingin vaksin tidak perlu harus ke fasilitas kesehatan. Tetapi bisa sekaligus saat beraktifitas sehari-hari.

“Outlet vaksinasi Covid-19 ini sengaja kami tempatkan di sini agar masyarakat mudah mendapatkan vaksin. Bahkan ketika mereka sedang beraktifitas seperti bayar cicilan, belanja atau beli makanan di warung,” ujarnya.

Inovasi outlet vaksinasi Covid-19 di Rest Area Tongas ini mendapatkan apresasi dari Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah. Outlet ini dapat menunjang target vaksinasi masyarakat yang lebih luas di Kabupaten Probolinggo. “Outlet vaksinasi Covid-19 ini dilakukan untuk mempermudah pelayanan masyarakat, salah satunya untuk mendapatkan vaksin,” katanya. (wan)