Tuesday, March 5, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kolaborasi dan Sinergi Berbuah PROPER Emas

Kolaborasi dan Sinergi Berbuah PROPER Emas

Reporter : Hendra Trisianto
JAKARTA – PT PJB UP Paiton kembali mendapatkan Peringkat Emas penghargaan Anugerah Lingkungan Program Kinerja Penilaian Peringkat Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2021.

Anugerah PROPER 2021 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tersebut digelar pada Selasa (28/12/2021) di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia. Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

Berdasarkan evaluasi Tim Teknis dan pertimbangan Dewan Pertimbangan PROPER, ditetapkan peraih peringkat EMAS sebanyak 47 perusahaan. Sedangkan untuk PT PJB UP Paiton sendiri, penghargaan tertinggi PROPER Emas kali ini adalah yang keempat kalinya setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan serupa pada tahun 2017-2019.

“Penghargaan ini menunjukkan UP Paiton sebagai perusahaan yang secara konsisten telah melaksanakan proses bisnis yang berkelanjutan, beretika lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat. Serta melakukan berbagai inovasi di berbagai bidang untuk mendukung capain tersebut,” kata General Manager UP Paiton Agus Prastyo Utomo.

Agus Prasetyo mengemukakan, meskipun perusahaan telah beroperasi lebih dari 28 tahun, namun komitmen untuk terus bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan turut berperan dalam peningkatan kesejahteraan tetap menjadi visi misi utama.

Kolaborasi dan sinergi secara berkelanjutan merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis yang bertanggungjawab kepada lingkungan. Mulai dari efisiensi energi, efisiensi pemakaian air, penurunan emisi yang dihasilkan, pemanfaatan limbah B3 dan Non-B3 hingga menjaga keanekaragaman hayati di sekitar PLTU Paiton.

Oleh karenanya lanjut Agus, untuk mendukung hal ini juga diperlukan sinergi bersama masyarakat dan kolaborasi antar pihak, terutama dalam bidang pengelolaan lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Program Kampung Sentra Energi Terbarukan untuk Masyarakat (Kampung Setrum) di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris adalah satu contoh spirit dalam peningkatan taraf hidup masyarakat dan responsif terhadap bencana. Melalui komoditas kopi lokal, kami berinovasi bersama dan bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai hingga hari ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agus menuturkan, program CSR yang dijalankan oleh UP Paiton juga turut serta dalam penanggulangan bencana Covid-19. Dalam hal ini perusahaan mendukung pemerintah dalam capaian target vaksinasi dengan membentuk relawan vaksinasi bersama Puskesmas Paiton dan Universitas Nurul Jadid.

“Relawan ini terbukti berhasil meningkatkan capaian vaksinasi hingga 63% sampai bulan November di wilayah Kecamatan Paiton. Selain itu bantuan seperti sarana prasana penanggulangan dan pencegahan Covid-19 juga diberikan kepada lembaga kesehatan, sekolah, hingga instansi pemerintahan,” tandasnya.(dra)