Depan > Kemasyarakatan > Bakesbangpol Gelar Bimtek Tata Cara Hitung Cepat Suara Pilkades

Bakesbangpol Gelar Bimtek Tata Cara Hitung Cepat Suara Pilkades

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) tata cara hitung cepat suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 bagi koordinator kecamatan (korcam) dan koordinator desa (kordes) yang akan bertugas sebagai relawan pemantau Pilakdes serentak di Kabupaten Probolinggo.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, bimtek tata cara hitung cepat suara pilkades serentak ini dilaksanakan di 4 (empat) titik lokasi. Yakni, KPRI Guyub Rukun Kecamatan Wonomerto (wilayah barat), SDN Maron Wetan 1 Kecamatan Maron (wilayah tengah) dan KPRI Bina Sejahtera Kecamatan Besuk (wilayah timur), Senin (14/2/2022). Serta Pendopo Kecamatan Krucil pada Selasa (15/2/2022) khusus untuk Kecamatan Tiris dan Krucil.

Kegiatan ini diikuti oleh 274 orang peserta terdiri dari 24 orang korcam dan 250 orang Ketua Kordes se-Kabupaten Probolinggo. Nantinya mereka diharapkan bisa menularkan ilmu yang diperolehnya kepada kordes lain yang akan bertugas sebagai pemantau dan satgas hitung cepat suara Pilkades di 1.847 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam kesempatan tersebut, para korcam dan kordes sebagai relawan pemantau dan hitung cepat suara Pilkades serentak ini mendapatkan pemaparan tentang tugas yang harus dilakukan oleh Korcam dan Kordes pada saat pelaksanaan Pilkades serentak serta simulasi tata cara penyampaian hitung cepat melalui aplikasi kepada operator.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas korcam dan kordes yang akan bertugas sebagai relawan pemantau dan hitung cepat suara Pilkades serentak pada 17 Pebruari 2022 mendatang.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa terbantu dengan adanya relawan pemantau dan hitung cepat suara Pilkades serentak ini. Sebenarnya tugas dari relawan ini sangat mudah sekali. Datang ke TPS pada jam yang sudah ditentukan dan menyampaikan dokumentasi kegiatan selama pelaksanaan Pilkades,” katanya.

Ugas menjelaskan sebagai satgas hitung cepat suara Pilkades serentak, relawan pemantau Pilkades ini juga memantau dan langsung melaporkan hasil penghitungan suara yang ada di masing-masing TPS. Sehingga nantinya akan diketahui lebih cepat perolehan suara dari masing-masing calon kepala desa.

“Semoga pelaksanaan Pilkades serentak ini bisa berjalan dengan amanah, professional, damai dan aman Covid-19. Harapannya para relawan ini bisa memahami dengan baik tugas dan kewajibannya,” pungkasnya. (wan)