Monday, March 4, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Disperindag Gelar Workshop Pengoperasian Mesin Giling

Disperindag Gelar Workshop Pengoperasian Mesin Giling

Reporter : Syamsul Akbar
BANYUANYAR – Jelang akhir tahun 2021, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo memberikan bantuan hibah mesin giling daging untuk pembuatan pentol bakso kepada Kelompok Mitra Abadi Desa Klenang Kidul Kecamatan Banyuanyar.

Sebagai tindak lanjut dari pemberian bantuan mesin giling tersebut, Disperindag menggelar workshop uji coba pengoperasian mesin penggilingan tersebut. Harapannya mesin giling tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Untuk sementara mesin giling ini akan dimanfaatkan oleh 8 orang anggota Kelompok Mitra Abadi. Sebelum ada mesin, kapasitas per hari mencapai 10 kg. Setelah ada mesin rencananya 20 kg per hari,” kata Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Moh. Natsir.

Natsir menjelaskan selama ini mereka melakukan giling daging untuk bahan pembuatan pentol bakso di Pasar Maron. Dengan adanya mesin giling ini mereka bisa giling sendiri dan menerima gilingan dari kelompok lain.

“Kewajiban kelompok dengan adanya mesin giling ini harus mengoptimalkan anggota kelompoknya agar bisa lebih sejahtera. Ke depan juga bisa digunakan untuk jasa penggilingan yang hasilnya untuk tambahan kas kelompok,” jelasnya.

Menurut Natsir, pemberian bantuan mesin giling ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat anggota Kelompok Mitra Abadi yang ada di Desa Klenang Kidul Kecamatan Banyuanyar. Namun untuk sementara itu produksi saja dulu, jangan sampai ke pemasaran.

“Workshop ini fokus kepada cara pengoperasian mesin giling dan cara-cara untuk menghasilkan produksi yang baik. Mesin ini diberikan satu paket yang berfungsi membuat adonan dan melumatkan daging. Jadi tidak boleh campur-campur antara daging ayam atau daging sapi,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Disperindag juga menghadirkan motivator Ketua Forum UKM Provinsi Jawa Timur Nico Trisno Prahoro yang memberikan motivasi bagi anggota Kelompok Mitra Abadi supaya bisa berusaha yang lebih baik dan mampu menangkap peluang. (wan)