Depan > Pendidikan > Kepala Sekolah Harus Bangun Human Relationship Menyenangkan

Kepala Sekolah Harus Bangun Human Relationship Menyenangkan

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Untuk suksesnya sebuah satuan pendidikan, maka kepala sekolah harus memposisikan dirinya sebagai manajer baik untuk internalnya maupun eksternalnya. Jika hal ini bisa diwujudkan, maka satuan pendidikan yang dipimpinnya akan meraih kesuksesan.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kecamatan Sumber Joko Rohani Sanjaya dalam kegiatan selayang pandang pengawas baru dan serah terima jabatan Kepala SD negeri di Kecamatan Sumber, Rabu (27/7/2022).

“Untuk eksternalnya, bagaimana kepala sekolah mampu mendesain publish di masyarakat sehingga sekolah ini menjadi sekolah idaman masyarakat. Sementara untuk internalnya, bagaimana kepala sekolah bisa membangun desain human relationship atau hubungan kerja yang menyenangkan,” kata Joko.

Terkait dengan masuknya beberapa kepala sekolah baru, Joko mengharapkan hal tersebut akan semakin mewarnai dalam rangka meraih sukses keberhasilan Kecamatan Sumber menjadi pendidikan yang bermutu. “Kepala sekolah baru yang usianya masih muda-muda, fresh dan ide-idenya luar biasa harapannya bisa semakin mendukung kesuksesan dalam mewujudkan pendidikan di Kecamatan Sumber semakin bermutu,” terangnya.

Joko menegaskan, kepala sekolah selaku manager di satuan pendidikan harus mampu membangun prestasi akademik maupun non akademiknya. Untuk akademiknya, bagaimana kepala sekolah bisa mendesain pencapaian visi misi sebuah sekolah dan non akademik atau fisik sekolah, sarana dan guru-gurunya untuk dikembangkan kompetensinya.

“Jika guru-guru kompetensi bagus dan sarananya lengkap, Insya Allah apa yang dilakukan kepala sekolah di satuan pendidikan akan semakin mudah untuk meraih sukses di satuan pendidikan,” terangnya.

Selain ada kepala sekolah baru yang masuk di Kecamatan Sumber, beberapa kepala sekolah yang sudah lama mengabdikan diri di Kecamatan Sumber mendapatkan amanah baru di luar Kecamatan Sumber.

“Terima kasih kepada para kepala sekolah yang mendapatkan amanah baru di luar Kecamatan Sumber. Semoga pengabdian yang telah diberikan selama ini dicatat sebagai amal ibadah,” harapnya.

Selain prosesi sertijab kepala SD negeri, dalam kesempatan tersebut juga ada perkenalan dua orang Pengawas SD baru yang akan bertugas di wilayah Kecamatan Sumber. Yakni, Asis dan Sugianto.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pengawas baru ini kompak mengharapkan dukungan kerja sama dari semua kepala sekolah dan semua guru agar bisa menangani pendidikan di Kecamatan Sumber dengan baik. (wan)