Wednesday, October 27, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan

Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko secara resmi mengukuhkan para Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Jumat (24/9/2021) pagi di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Pengukuhan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi, Ketua Pokja PAUD Kabupaten Probolinggo Edi Karyawan, Ketua IPI Kabupaten Probolinggo, Ketua Himpaudi Kabupaten Probolinggo serta Ketua IGTKI Kabupaten Probolinggo.

Calon Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Camat yang siap dikukuhkan oleh Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo.

Usai prosesi pembacaan naskah pengukuhan dan juga pembacaan naskah ikrar Bunda PAUD Kecamatan oleh Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, dilanjutkan dengan penyematan selempang bertuliskan Bunda PAUD Kecamatan secara simbolis kepada 3 (tiga) orang. Yakni, Camat Dringu Ulfiningtyas, Camat Gending Deny Kartika Sari dan Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyampaikan ada beberapa hal yang harus diketahui bersama bahwa angka partipasi PAUD di Kabupaten Probolinggo mencapai 74,65% atau sejumlah 36.696 peserta didik PAUD dengan usia 0 hingga 6 tahun. Dan masih ada 15,4% atau kurang lebih 11 ribu anak yang masih belum masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Ini sebuah tantangan kita sekaligus peluang dalam melakukan suatu gerakan agar anak usia 0 hingga 6 tahun bisa masuk pada lembaga pendidikan PAUD. Anak usia dini dituntut masuk PAUD merupakan usia emas bagi manusia untuk diletakkannya pondasi atau dasar pendidikan. Pokja PAUD Kabupaten Probolinggo tidak bisa bekerja sendiri dan harus bekerja secara sistematis terstruktur dengan Bunda PAUD Kecamatan,” ujarnya.

Sementara Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menjelaskan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak hanya memegang peranan penting dalam pengembangan anak usia dini. Akan tetapi juga memegang peranan penting pembangunan bangsa. Mendukung pemenuhan kebutuhan hak esensial anak yang meliputi hak akan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan anak.

“Oleh karena itu, harus dilakukan pendekatan yang holistik dan integratif dengan melibatkan kerjasama satuan PAUD, keluarga, masyarakat, Pemerintah Daerah dan pemerintah pusat melalui pengukuhan Bunda PAUD tingkat kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Diharapkan nanti dapat ditindaklanjuti dengan kelompok kerja atau Pokja Bunda PAUD Kecamatan bersinergi dengan Dinas Pendidikan, organisasi mitra atau pemangku kepentingan lainnya,” katanya. (y0n)