Thursday, September 23, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kepala Desa Harus Tingkatkan Hablum Minallah dan Hablum Minannas

Kepala Desa Harus Tingkatkan Hablum Minallah dan Hablum Minannas

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Kepala desa (kades) harus meningkatkan hablum minallah dan hablum minannas. Sebab hal ini akan menjadi kunci sukses seorang kepala desa dalam mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakat di desanya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si ketika melakukan silaturahim bersama dengan kepala desa yang baru saja dilantik dan kepala desa yang akan habis masa jabatannya dari Kecamatan Sumberasih, Lumbang dan Tongas di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Sabtu (14/8/2021).

“Selamat kepada kepala desa yang sudah dilantik dengan harapan manfaat dan barokah dalam melaksanakan amanah selama 6 tahun ke depan. Bagi yang akan berakhir masa jabatannya, saya juga ucapkan selamat berakhir periodenya. Semoga semuanya manfaat dan barokah,” katanya.

Menurut Hasan, niat hati manusia Pilkades serentak kedua akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 tetapi kemudian digeser pada bulan Februari 2021. Sebab sesuai dengan SOP, polisi itu berkewajiban menjaga orang yang akan berkumpul dan harus ada personil Brimob.

“Polda Jawa Timur meminta maaf karena personil di Jawa Timur sangat terbatas karena banyak bertugas untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2022. Selain itu ada Surat dari Kementerian Dalam Negeri tentang penundaan untuk melaksanakan tidak Pilkades di tahun 2021,” jelasnya.

Hasan meminta kepada para kepala desa yang akan habis masa jabatannya agar dimanfaatkan secara maksimal untuk bertemu dengan rakyat. Rekatkan kembali silaturahim bersama dengan rakyat yang ada di desanya.

“Untuk hablum minallahnya, tingkatkan sujudnya kepada Allah SWT. Karena doanya sampean lebih mantap. Jika dulu itu selalu buk mesibuk, sekarang cobalah lebih ditingkatkan sholat lima waktunya. Lima waktu itu bagian dari doa. Tambahi dengan sholat Dhuha dan Tahajjud. Disaat orang terlelap tidur, panjatkanlah doa kepada Allah SWT,” tegasnya.

Lebih lanjut Hasan juga meminta agar kepala desa senantiasa mendatangai orang tuanya. Sebab hal itu merupakan kunci surga yang ada di dunia. “Jika sudah tidak ada datangi kuburannya. Jangan datang ke kuburan yang lain sebelum datang ke kuburan orang tuanya. Rubahlah tata cara akhlak dan bermunajat kepada Allah SWT,” terangnya.

Terkait dengan situasi yang terjadi saat ini Hasan menambahkan bahwa Covid-19 merupakan ujian dari Allah SWT. Virus yang tidak terlihat telah mengguncangkan dunia, termasuk Indonesia. Covid-19 ini ibarakan seorang tamu yang masih belum ditemukan obatnya.

“Ayo jangan sombong-sombong karena virus Covid-19 ini benar-benar ada. Selalu pakai masker karena sampean ini pemimpin yang akan diikuti oleh rakyatnya. Ikhtiarnya itu wajib hukumnya dengan menjaga kebersihan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” pungkasnya.

Silaturahim hari terakhir Hasan Aminuddin bersama dengan kepala desa ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mahbub Zunaidi serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Edy Suryanto. (wan)