Tuesday, September 21, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kelurahan Sidomukti Sosialisasikan Kelurahan Tangguh Bencana

Kelurahan Sidomukti Sosialisasikan Kelurahan Tangguh Bencana

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan memberikan sosialisasi dan pelatihan Kelurahan Tangguh Bencana, Senin hingga Kamis (9-12/11/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari unsur karang taruna, pemuda, RT/RW, kader posyandu, tenaga kesehatan kelurahan dan linmas. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi Desa Tangguh Bencana serta Penanggulangan Bencana dan Evakuasi Banjir dari Camat Kraksaan, Kapolsek Kraksaan, Danramil Kraksaan serta BPBD Kabupaten Probolinggo.

Sebagai kesiapan dari Kelurahan Tangguh Bencana tersebut, pihak Kelurahan Sidomukti telah menyiapkan sejumlah peralatan diantaranya sepatu boat standart, jas hujan lapangan, life jaket (rompi pelampung), senter elektrik, pemadam api ringan, gergaji mesin, mesin penyedot air, megaphone dan lain sebagainya.

Lurah Sidomukti Alim Susilo mengatakan sosialisasi dan pelatihan Kelurahan Tangguh Bencana ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan dasar tentang kebencanaan.

“Selain itu membentuk Tim Relawan Kelurahan Tangguh Bencana yang beranggotakan 30 orang. Serta supaya masyarakat mempunyai kemampuan yang responsif terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana alam,” katanya.

Melalui kegiatan ini Alim mengharapkan masyarakat menjadi lebih tangguh dalam menghadapi bencana. Paling tidak masyarakat bisa meminimalisir risiko bencana. “Harapannya masyarakat secara mandiri mampu mengidentifikasi potensi bencana di daerahnya,” harapnya. (dra)