Depan > Pemerintahan > Kecamatan Tiris Gelar Rakor Persiapan Penyusunan RPJMDes dan RKPDes

Kecamatan Tiris Gelar Rakor Persiapan Penyusunan RPJMDes dan RKPDes

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Pemerintah Kecamatan Tiris menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), Senin (27/6/2022).

Kegiatan yang digelar di Kantor Kecamatan Tiris ini diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Perencanaan dan Ketua BPD dari 16 desa se-Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi aturan dan tahapan penyusunan rencana pembangunan desa dari Kantor Kecamatan Tiris, kegiatan Dinas Kesehatan di desa dari Puskesmas, kegiatan Keluarga Berencana di desa dari Koordinator PLKB, kegiatan pertanian di desa dari Koordinator Penyuluh Pertanian serta teknis penyusunan rencana pembangunan desa dari Pendamping Desa.

Camat Tiris Teguh Prihantoro mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar ada pemahaman yang sama antar Pemerintah Desa dan BPD dalam menyusun RPJMDes dan RKPDes.

“Tujuannya agar desa dapat menyusun RPJMDes dan RKPDes sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Menurut Teguh, fokus kegiatannya dalam menyusun RPJMDes dan RKPDes Pemerintah Desa dan BPD tahu tugas dan fungsi. Jadi tidak tergantung kepada 1 orang saja.

“Dalam penyusunan rencana pembangunan desa harus ada kekompakan dari seluruh komponen masyarakat yang ada di desa. Harapannya RPJMDes dan RKPDES dapat tersusun sesuai harapan Pemerintah Desa, BPD dan masyarakat desa dan tepat sasaran,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot slot pulsa