Thursday, July 29, 2021
Depan > Pemerintahan > Kabupaten Probolinggo Terima Penghargaan Produktivitas Siddhakarya 2020

Kabupaten Probolinggo Terima Penghargaan Produktivitas Siddhakarya 2020

Reporter : Syamsul Akbar
SURABAYA – Kabupaten Probolinggo menerima penghargaan Produktivitas Siddhakarya Provinsi Jawa Timur tahun 2020 untuk 2 (dua) kategori yang berbeda dari Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa.

Kategori Usaha Kecil dengan jenis penghargaan Mulai Berbenah (Beginning) diterima oleh CV Dua Putri Sholehah dari Desa Tegalrejo Kecamatan Dringu yang memiliki usaha Pengolahan Hasil Pertanian dan Perkebunan (Pengolahan Bawang Merah) dan Kategori Bupati/Walikota diberikan kepada Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan Produktivitas Siddhakarya tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin dan Ketua CV Dua Putri Sholehah Nurul Khotimah di Gedung Grand Barunawati Surabaya, Selasa (24/11/2020).

Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengatakan Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu dari 6 (enam) kabupaten/kota yang menerima penghargaan tingkat Provinsi Jawa Timur berupa Produktivitas Siddhakarya 2020.

“Karena menerima penghargaan tersebut, maka secara otomatis Kabupaten Probolinggo dan CV Dua Putri Sholehah akan mewakili Jawa Timur dalam seleksi Penghargaan Produktivitas Paramakarya Tingkat Nasional Tahun 2021,” katanya.

Menurut Hudan, Siddhakarya adalah penghargaan produktivitas yang diberikan Gubernur kepada perusahaan dan kepala daerah sebagai pembinanya. Sedangkan Paramakarya adalah penghargaan produktivitas yang diberikan Presiden RI kepada perusahaan dan kepala daerah sebagai pembinanya.

“Perusahaan yang mendapat penganugerahan Siddhakarya Tingkat provinsi dan kepala daerah sebagai pembinanya secara otomatis mewakili provinsi untuk mengikuti lomba Paramakarya tingkat nasional tahun berikutnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Hudan menjelaskan penghargaan Produktivitas Siddhakarya diberikan dengan tujuan untuk memasyarakatkan konsep dan dasar produktivitas dan penghargaan kepada perusahaan.

“Selain itu, pemberian penganugerahan Produktivitas Siddhakarya untuk membangun budaya kerja guna peningkatan produktivitas dan juga untuk meningkatkan lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan,” terangnya.

Hudan menerangkan dalam sebuah organisasi ini ada 3 (tiga) kunci penting yang harus dilakukan agar bisa berjalan dengan baik. Diantaranya dalam hal manajemen harus mampu mengurusi dirinya sendiri, mampu mengurus pekerjaan yang ditekuni dan bekerja dengan team work, terutama dengan karyawan dan pelanggannya.

“Dengan penghargaan Produktivitas Siddhakarya ini diharapkan ke depan lebih banyak para UKM supaya lebih produktif sebagai motivasi. Paling tidak UKM lebih produktivitas supaya menjadi produktif,” pungkasnya.

Tahun 2020, di Jawa Timur ada 6 perusahaan yang mendapat penghargaan Siddhakarya meliputi PT. Putra Restu Ibu Abadi (Kabupaten Mojokerto), PT. Utomodeck Metal Works (Kota Surabaya), PT. Agung Bumi Agro (Kabupaten Pasuruan), CV. Dua Putri Sholehah (Kabupaten Probolinggo), PT. Paretto Estu Guna (Kabupaten Bojonegoro) dan UD. Legend Trend (Kabupaten Gresik).

Sementara Bupati/Walikota yang mendapatkan penghargaan Siddhakarya sebagai Pembina Produktivitas Daerah adalah Walikota Surabaya, Bupati Mojokerto, Bupati Pasuruan, Bupati Probolinggo, Bupati Bojonegoro dan Bupati Gresik. (wan)

cww trust seal