Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kantor Kemenag Resmi Miliki Gedung PLHUT

Kantor Kemenag Resmi Miliki Gedung PLHUT

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo resmi memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT). Gedung PLHUT ini dibangun diatas tanah hibah seluas 6000 meter persegi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Keberadaan gedung PLHUT di Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan ini diresmikan pemanfaatannya oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs.HA. Timbul Prihanjoko dan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur H. Chusnul Marom, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H Ahmad Sruji Bahtiar, perwakilan Forkopimda, Ketua Lembaga ormas Islam (NU, Muhammadiyah dan Al Irsyad), Pimpinan Bank se-Kabupaten Probolinggo, Forkopimka Kraksaan, KBIHU serta keluarga besar Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo.

Peresmian gedung PLHUT ini digelar dalam rangkaian “Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Bersholawat”. Selain peresmian gedung PLHUT, dalam kesempatan tersebut juga digelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Santri Nasional dan launching Hari Amal Bhakti Kemenag ke-77.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H Ahmad Sruji Bahtiar mengaku sangat bersyukur karena telah mendapatkan tanah hibah dari Pemkab Probolinggo dalam rangka pembangunan gedung PLHUT dan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang telah menghibahkan tanah kepada Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo. Ini merupakan bentuk sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan selamat atas diresmikannya gedung PLHUT Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo di Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan. Hal ini patut disyukuri sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pelayanan bagi para calon jamaah haji dan umroh.

“Saya berharap keberadaan gedung yang representatif dengan semua layanan terpadu yang ada di dalamnya ini dapat memberikan pelayanan yang cepat dan nyaman bagi calon jamaah haji dan umroh Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, pembangunan gedung PLHUT di Kota Kraksaan ini dilakukan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka untuk meramaikan Kota kraksaan. “Kita menginginkan Kota Kraksaan ini betul-betul menjadi ibukota Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Wabup Timbul menegaskan selama ini Pemerintah Daerah sangat terbantu dengan program-program dari Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo. “Terima kasih karena Kemenag selalu mendukung program pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul menegaskan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo harus mencerminkan bangunan yang megah dan berdiri di ibukota Kabupaten Probolinggo. “Minimal warganya sendiri harus bangga terhadap Kantor Kemenag berdiri di ibukota Kabupaten Probolinggo. Mari gedung yang sudah ada ini bersama-sama diramaikan dan dijaga dengan baik,” ajaknya.

Sedangkan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur H. Chusnul Marom mengharapkan dengan adanya gedung PLHUT yang baru ini bisa digunakan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Terima kasih atas kerja sama yang sudah dibangun selama ini antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo. Mudah-mudahan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan)