Depan > Pemerintahan > BPPKAD Lakukan Kunker Penggunaan SIM Gaji Melalui Web

BPPKAD Lakukan Kunker Penggunaan SIM Gaji Melalui Web

Reporter : Syamsul Akbar
MALANG – Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Cabang PT Taspen Malang berkaitan dengan penggunaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Gaji melalui web, Selasa (25/10/2022).

Kepala BPPKAD Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Plt Kepala Bidang Perbendaharaan Aries Purwanto mengatakan penggunaan SIM Gaji melalui web ini bertujuan agar terpeliharanya data yang akurat, up to date dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Selain itu memudahkan penyediaan data dalam rangka pelaksanaan rekonsiliasi data dan IWP, meningkatkan kualitas dan kecepatan informasi data serta meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta,” katanya.

Menurut Aries, penggunaan SIM Gaji melalui web ini dilatarbelakangi karena adanya dualisme data dan ada perbedaan data antara data gaji di BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan BPPKAD. Harapannya dengan adanya SIM Gaji melalui web akan muncul single data.

“Selama ini SIM Gaji di Kabupaten Probolinggo masih di desktop. Sehingga ada keinginan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo untuk menerapkan SIM Gaji melalui web,” jelasnya.

Keunggulan SIM Gaji melalui Web jelas Aries, penggunaan SIM Gaji tidak perlu menyediakan server karena sentralisasi database dalam private cloud, terbentuk NIP single atas seluruh pengguna SIM Gaji, proses input data secara batch lebih mudah dan tidak perlu mengambil edisi.

“Disamping itu, penyeragaman penerapan perubahan regulasi yang berkaitan dengan penggajian PNS, terjamin keamanan data, menggunakan beberapa lapis password dari sisi perangkat, DB dan aplikasi, mempermudah mutasi pegawai antar kabupaten/kota serta lebih mudah dalam integrasi database antar instansi,” terangnya.

Aries menerangkan tahapan SIM Gaji Web based ini dilakukan mulai dari sosialisasi dan Perjanjian Kerja Sama (PKS), koordinasi teknis, migrasi, parallel run, implementasi dan persiapan integrasi SIMPeg-SIMGaji.

“Targetnya mulai 1 Januari 2023 sudah diterapkan SIM Gaji melalui web. Sebenarnya prosesnya sangat cepat, migrasinya hanya butuh waktu 3 hari. Nantinya akan dilakukan PKS antara Kepala BPPKAD Kabupaten Probolinggo dengan Kepala Cabang PT Taspen Malang. Untuk PKS ini akan berlaku selama 2 tahun dan akan diperbarui lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Aries menjelaskan sebelum integrasi SIMPeg dan SIM Gaji, ada dualisme database pegawai pada Pemerintah Daerah menyebabkan ketidaksesuaian antara data pegawai pada BKPSDM dengan daftar gaji pada BPPKAD. Perubahan data finansial pegawai (kenaikan berkala, kenaikan pangkat, turun pangkat, dll) tidak efektif karena dilakukan 2 kali pada BKPSDM dan BPPKAD. Kemungkinan terjadi kelebihan bayar pada gaji pegawai lebih besar.

“Setelah SIMPeg dan SIM Gaji Web terintegrasi ada single database kepegawaian, BKPSDM sebagai satu-satunya bank data pegawai pada Pemda dimana BPPKAD membuat daftar gaji berdasarkan database BKPSDM. Perubahan data finansial pegawai hanya dilakukan satu kali pada database BKPSDM, BPPKAD hanya melakukan verifikasi da approval. Kemungkinan terjadi kelebihan bayar pada gaji lebih kecil,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88