Tuesday, June 22, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kampung Tangguh Semeru Desa Kedungrejoso Dilaunching

Kampung Tangguh Semeru Desa Kedungrejoso Dilaunching

Reporter : Syamsul Akbar
KOTAANYAR – Kampung Tangguh Semeru Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar akhirnya resmi dilaunching, Rabu (23/6/2020) sore di Sekretariat Perpustakaan Desa (Perpusdes) Sang Juara Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar.

Launching ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si didampingi Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan dan Pabung Kodim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Puguh Jatmiko.

Peresmian Kampung Tangguh Semeru Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar ini diawali dengan peninjauan ke Posko Lumbung Pangan. Dimana dalam Lumbung Pangan ini terdapat beberapa stok barang meliputi beras, telur, mie instan dan minyak goreng.

Kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh Camat Kotaanyar Teguh Prihantoro dan jajaran Forkopimka serta para Kepala Desa se-Kecamatan Kotaanyar.

Pelaksanaan peresmian Kampung Tangguh Semeru di Desa Kedungrejoso ini tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun, memakai masker, jaga jarak dan tidak bersentuhan fisik.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Kepala Desa Kedungrejoso Abd. Rahim oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan dan Pabung Kodim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Puguh Jatmiko.

Serta peresmian Inovasi Gerobak Baca Tangguh Perpusdes Sang Juara Desa Kedungrejoso oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si didampingi Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Kepala Desa Kedungrejoso Abd. Rahim.

Kepala Desa Kedungrejoso Abd. Rahim menyampaikan bahwa konsep Kampung Tangguh di desanya tidak hanya sekedar wacana tetapi juga bukti nyata yang akan dilakukan tidak hanya pada waktu pandemi COVID-19 saja namun akan terus dilakukan untuk masyarakat.

“Keberadaan Kampung Tangguh ini didukung pula oleh pembuatan pekarangan sayur dan buah. Ini nantinya akan memasok seluruh kebutuhan masyarakat yang terkena musibah, khususnya di tengah pandemi COVID-19 sehingga tidak perlu menunggu dari luar,” ungkapnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan mengungkapkan Desa Kedungrejoso ini merupakan pilot project Kampung Tangguh COVID-19 yang ada di wilayah Kecamatan Kotaanyar.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Kedungrejoso dalam mengantisipasi mewabahnya COVID-19 mulai dari ketahanan pangan, ketahanan kesehatan hingga karantina desa secara mandiri,” ungkapnya.

Menurut Kapolres, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan suatu program untuk mendukung upaya dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo khususnya dalam memutus mata rantai COVID-19 di wilayah Kecamatan Kotaanyar. Kegiatan ini harus terus dilakukan dalam masa pandemi COVID-19 yang saat ini sedang melanda.

“Program Kampung Tangguh ini dilaksanakan atas dasar kerja ikhlas seluruh warga masyarakat. Tanpa adanya dukungan seluruh masyarakat, maka pemerintah tidak akan berhasil dalam menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si mengajak kepada seluruh masyarakat untuk wajib percaya bahwa COVID-19 ini ada di muka bumi. Hal ini penting disampaikan karena masih banyak manusia yang tidak percaya dengan adanya COVID-19.

“Saya ingin semua ini mengamalkan ajaran agama dengan ilmu dan bukan dengan nafsu. Disebut COVID-19, wabah Corona ini belum ditemukan obatnya. Seandainya ditemukan obatnya pasti seluruh pemimpin di dunia ini akan mengurangi kekhawatirannya tentang rakyatnya meninggal dunia akibat terjangkit virus Corona,” katanya.

Menurut Hasan, masyarakat wajib ikhtiar bagaimana supaya tidak terjangkit oleh virus Corona. Ikhtiar yang bisa dilakukan adalah dengan sering-sering cuci tangan dan memakai masker.

“Seorang pemimpin wajib menjadi uswatun hasanah. Jangan mengajak orang lain apabila masih belum melakukan. Awali dari kita sendiri untuk selalu cuci tangan dan memakai masker,” pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan Kantor Perpusdes Sang Juara Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar serta penanaman pohon sayur dan buah serta penebaran benih ikan. Kemudian dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah dengan penerapan physical distancing. (wan)

cww trust seal