Tuesday, April 16, 2024
Depan > Pemerintahan > Inovasi “Nelayan Merdeka” Finalis Top Inovasi Publik KOVABLIK 2023

Inovasi “Nelayan Merdeka” Finalis Top Inovasi Publik KOVABLIK 2023

Reporter : Tarno
PROBOLINGGO – Pj. Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si menyampaikan presentasi inovasi “Nelayan Merdeka” pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) 2023 Provinsi Jawa Timur di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa, Selasa (10/10/2023).

Paparan disampaikan secara virtual di depan dewan juri yang berasal dari kalangan akademisi, profesional dan praktisi yang dikoordinir oleh Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Turut mendampingi Pj. Bupati Ugas siang itu, Asisten Administrasi Umum Tutug Edi Utomo, Kepala Dinas Perikanan Ahmad Aruman dan Kepala Bagian Organisasi Susilo Isnadi.

Siang itu Pj. Bupati Ugas menyampaikan presentasi berjudul “Pengentasan Kemiskinan Nelayan Melalui Inovasi NELAYAN MERDEKA.” Dalam paparan tersebut dijelaskan bahwa meskipun jumlah nelayan di Kabupaten Probolinggo cukup banyak yaitu hampir dua belas ribu nelayan yang tergabung dalam 145 kelompok, namun 45 % tercatat sebagai masyarakat miskin.

Hal ini disebabkan karakteristik nelayan yang tergantung pada musim ikan, kolot dan perilaku hidup kurang bersih dan sehat. Karakteristik tersebut disebabkan nelayan tidak dapat menangkap ikan sepanjang tahun, rendahnya pendidikan, tidak memiliki alternatif usaha dan hambatan lainnya.

“Dari kondisi dan karakteristik tersebut muncul gagasan agar nelayan dapat menangkap ikan sepanjang tahun, aman dan terlindungi, memiliki modal dan alternatif usaha,” papar Pj. Bupati Ugas.

Gagasan tersebut kemudian dituangkan dalam Inovasi “Nelayan Merdeka” dengan lima pilar kegiatan yaitu Diversifikasi Alat Tangkap, Layanan Jukok Manja, Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan, Fasilitasi Akses Permodalan dan Diversifikasi Usaha Nelayan.

Pada paparan tersebut juga disampaikan dampak dan progres yang dicapai dari penerapan Inovasi Nelayan Merdeka. Inovasi ini telah memberikan dampak positif pada kehidupan nelayan utamanya terkait pengentasan kemiskinan.

“Inovasi ini dapat berkontribusi pada pengentasan kemiskinan, oleh karena itu saya Pj. Bupati Probolinggo berkomitmen agar inovasi ini dapat terus dilanjutkan,” ujar Bupati Ugas.

Sebelumnya, Inovasi “Nelayan Merdeka” dinyatakan sebagai finalis Top Inovasi Pelayanan Publik KOVABLIK Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. Sebagai kelanjutannya, siang itu dilakukan penilaian tahap presentasi dan wawancara guna mendapatkan Top 30 dari 45 peserta se-Jawa Timur. (trn)