Depan > Informasi Layak Anak > Hj. Nunung Timbul Prihanjoko Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD

Hj. Nunung Timbul Prihanjoko Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD

Reporter : Mujiono
SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan para Ketua TP. PKK sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur, Senin (20/09/2021) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Prosesi pengukuhan tersebut disaksikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Ny. Arumi Bachsin Emil Dardak, Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI Santi Ambarrukmi, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi dan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pengukuhan ini ditandai dengan penyematan PIN dan selempang Bunda PAUD oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa. Dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat.

Dalam pengukuhan tersebut, sebanyak 35 Tim Penggerak PKK yang salah satunya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dikukuhkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan 5 (lima) orang Bunda PAUD mengikuti pengukuhan secara virtual. Diantaranya, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Bojonegoro dan Banyuwangi.

Dari 35 Bunda PAUD, sejumlah 31 orang yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati dan Walikota. Sedangkan 4 (empat) Bunda PAUD ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur yaitu Kabupaten Banyuwangi, Jombang, Bojonegoro dan Mojokerto yang notabene dipimpin Bupati perempuan sebagai Bunda PAUD. Untuk Bunda PAUD Kota Madiun, Kabupaten Jember dan Kabupaten Pasuruan sudah dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa sebelumnya.

Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa mengatakan untuk pendidikan PAUD di lingkungan Jawa Timur dilakukan secara holistik integratif. Anak usia dini penanganannya harus dilakukan secara utuh atau menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraannya.

“Peran Bunda PAUD sangatlah penting dan menjadi bagian dari penguatan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Pendidikan anak usia dini ini menjadi bangunan yang membentuk karakter dan pikiran anak-anak kedepannya. Di tempat PAUD ini pendidikan dalam bentuk pengenalan ekosistem pada lingkungannya,” jelasnya.

Tentunya harus dilakukan sinergitas dan kolaborasi antara seluruh pihak dengan berbagai elemen baik masyarakat. “Antara Pemerintah dan berbagai pihak untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini secara menyeluruh agar supaya dapat mencerdaskan para generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif,” tegasnya.

Sementara Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan setelah mendapatkan amanah sebagai Bunda PAUD Kabupaten Probolinggo, terdapat program-program untuk dijalankan demi mendukung layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Probolinggo. “Tentunya harus ada sinergi dan kolaborasi semua pihak di Kabupaten Probolinggo dalam melaksanakan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” katanya. (y0n)