Saturday, June 22, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > KKKS Serahkan Bantuan Kebutuhan Dasar Bagi 12 Orang Eks Pasien Kusta

KKKS Serahkan Bantuan Kebutuhan Dasar Bagi 12 Orang Eks Pasien Kusta

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan kebutuhan dasar bagi eks pasien kusta, Senin (18/9/2023).

Bantuan ini diserahkan oleh Ketua Umum KKKS Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto.

Program KKKS berupa pelayanan tambahan kebutuhan dasar berupa makanan dan peningkatan gizi ini diberikan kepada 12 orang eks pasien kusta yang ada di Kecamatan Dringu, Banyuanyar, Krejengan dan Kraksaan. Hal ini sebagai bentuk kepedulian kepada pasien agar supaya pasien semakin meningkat kondisi kesehatannya.

Dari data yang ada di KKKS Kabupaten Probolinggo, eks penderita eks kusta tersebut berada di Kecamatan Dringu sebanyak 3 anak, Kecamatan Banyuanyar sebanyak 2 orang anak, Kecamatan Krejengan sebanyak 3 anak dan Kecamatan Kraksaan sebanyak 4 anak.

Ketua Umum KKKS Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menjelaskan kegiatan sosial pelayanan tambahan kebutuhan dasar ini merupakan upaya dan bentuk perhatian KKKS Kabupaten Probolinggo agar supaya eks pasien kusta itu nantinya benar-benar menjadi sehat.

“Petugas kesehatan yang ada di puskesmas harus melakukan pemantauan dan pengawasan bagi eks pasien dan keluarga pasien. Dengan upaya yang dilakukan itu, tentunya akan memutus dan menghindari terjadinya penularan penyakit kusta pada keluarga maupun diluar keluarga,” katanya.

Menurut istri Bupati Probolinggo ini, pelayanan tambahan kebutuhan dasar yang berasal dari KKKS ini memiliki manfaat dan dapat mendukung terhadap kondisi kesehatan eks pasien semakin baik. “Harapannya, pihak keluarga mendukung penuh dan selalu memeriksakan kesehatan eks pasien kusta di puskesmas atau dokter,” pungkasnya. (y0n)