Wednesday, October 27, 2021
Depan > Pemerintahan > SKD CASN dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru Resmi Dibuka

SKD CASN dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru Resmi Dibuka

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono secara resmi membuka pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru di Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (21/9/2021) pagi.

Turut mendampingi pada kegiatan tersebut Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo beserta Koordinator Petugas Pelaksana Seleksi Nasional SKD CASN Tahun 2021 Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) II Sri Hartini.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengungkapkan pelaksanaan SKD tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo diikuti oleh sebanyak 3.193 pelamar yang terdiri dari 2.891 pelamar untuk SKD CASN dan 302 pelamar untuk Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru. “Bahwa formasi CPNS untuk saat ini adalah sebanyak 382 orang sedangkan formasi untuk PPPK Non Guru adalah sebanyak 462 orang,” ungkapnya.

Nanang menjelaskan untuk mengurangi tingkat kerumunan, 3.193 orang tersebut terbagi menjadi 20 sesi selama 8 (delapan) hari ke depan mulai 21 hingga 28 September 2021. Setiap hari akan dibagi 3 sesi kecuali Hari Jum’at hanya 2 sesi dengan peserta masing-masing sesi sebanyak 150 orang. Mereka akan mengerjakan soal ujian dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Selanjutnya Nanang menegaskan bagi yang nantinya diterima menjadi PPPK dan PNS dari ribuan pelamar tersebut adalah benar-benar peserta terbaik dari hasil serangkaian seleksi yang harus diikuti dari awal sampai akhir. Oleh karenanya semua peserta harus menyiapkan diri dengan baik dan sudah memahami aplikasi pengerjaan soal-soal yang telah disiapkan oleh BKN.

“Bagi para peserta yang sudah lulus seleksi administrasi dan hari ini mengikuti seleksi hendaknya bersyukur dan terus semangat berjuang dan berdoa sembari melaksanakan tes ini. Mudah-mudahan kesehatan panjenengan semua senantiasa terjaga sampai akhir,” kata Nanang.

Selain teliti dan konsentrasi saat mengerjakan soal, mental dan kepercayaan diri juga sangat penting saat mengerjakan soal-soal yang akan kita hadapi. “Sekali lagi selamat berjuang, pahami dan ikuti tata tertib yang berlaku, semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita semua dalam segala urusan,” tandasnya.(dra)