Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Harkopnas ke-75, Dekopinda-Maron BC Gelar Lomba Burung Berkicau

Harkopnas ke-75, Dekopinda-Maron BC Gelar Lomba Burung Berkicau

Reporter : Syamsul Akbar
MARON – Dalam rangka menyemarakkan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-75 tahun 2022, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Probolinggo dan panitia Harkopnas ke-75 bekerja sama dengan Maron BC menggelar lomba burung berkicau, Minggu (24/7/2022).

Kegiatan yang digelar di Gantangan “Maron BC” Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 425 peserta dengan 23 kelas dengan 9 (sembilan) nama burung. Yakni, Murai Batu, Cucak Ijo, Cendet, LB Fighter, Kenari, Trucuk R5, Trucuk R10, Trucuk Bebas dan LB Dewas M2. Masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa uang perawatan, trophy dan piagam.

Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya mengatakan selain untuk menyemarakkan Hari Koperasi Nasional ke-75 tahun 2022, lomba burung berkicau ini bertujuan untuk memasyarakatkan koperasi dan mengkoperasikan masyarakat.

“Harapannnya adalah masyarakat yang ada di Kabupaten Probolinggo bisa lebih mengenal koperasi dan pada akhirnya membentuk koperasi khususnya komunitas pencinta burung kicau,” katanya.

Menurut Joko, lomba burung berkicau ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan burung-burung yang bisa dilombakan dan berprestasi. “Lomba burung berkicau ini sarana untuk menampung dan memfasilitasi penggemar burung agar dapat merawat dengan baik dan benar, sehingga bisa menaikkan nilai jual burung yang sudah berprestasi,” jelasnya.

Joko menjelaskan lomba burung berkicau ini bisa membuka lapangan kerja bagi warga sekitar dalam segi ekonomi kreatif berupa juri yang jumlahnya 12 orang, panitia sebanyak 7 orang, warung sebanyak 5 lokasi dan juru parkir 4 orang.

“Mudah-mudahan peserta yang berhasil dapat mempertahankan rawatannya dan yang belum berhasil setidaknya dapat meningkatkan dan lebih insentif lagi dalam merawat burungnya,” pungkasnya. (wan)