Sunday, September 26, 2021
Depan > Pemerintahan > DPMPTSP Berikan Pelayanan Perijinan Usaha di Tempat Langsung Selesai

DPMPTSP Berikan Pelayanan Perijinan Usaha di Tempat Langsung Selesai

Reporter : Syamsul Akbar
MARON – Seiring dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo melaksanakan program jemput bola dengan memberikan pelayanan perijinan langsung di tempat 10 menit selesai.

“Pelayanan perijinan langsung di tempat 10 menit selesai ini dilakukan dengan aplikasi terbaru yang dilaunching oleh Bapak Presiden berupa OSS RBA (Online Single Submission Risk Based Approach). Alhamdulillah, OSS RBA bisa terakses terutama untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah,” kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani.

Rabu (8/9/2021), pelayanan perijinan langsung di tempat melalui program Pelita Hati (Pelayanan Izin Di Tempat Hangat, Amanah, Transparan dan Inovatif) ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Maron. “Hari ini ada 60 pemohon yang bisa kita layani di Kecamatan Maron,” jelasnya.

Menurut Kristiana, melalui upaya ini masyaraat memiliki legalitas ijin usaha sehingga dengan legalitas usaha tersebut bisa untuk membantu mereka dalam akses permodalan ke bank. Sebab salah satu syarat akses permodalan di Bank Jatim dan bank yang lain terkait dengan usaha itu salah satunya harus melampirkan surat ijin usaha.

“Ini sangat penting untuk mereka supaya bisa naik kelas seperti arahan dari Bapak Presiden bahwa UMKM ini bisa naik kelas, bisa tambah maju dan bisa tambah modalnya. Karena selama ini banyak pengusaha yang belum memiliki ijin usaha. Nanti kita data dan aksesnya kita daftarkan untuk OSS. Selanjutnya cetak dan langsung 10 menit selesai gratis,” terangnya.

Untuk bisa mengikuti pelayanan perijinan langsung di tempat ini diantaranya KK, KTP, nomor Hand Phone (HP) dan email. Nanti pemohon akan ditanya mulai dari usahanya, modalnya dan lain sebagainya.

“Pemohon akan ditanya oleh teman-teman loket dan harus mengisi blanko usaha dan jenis usahanya. Misalnya pracangan, nanti ada disitu KLBI, modalnya berapa, luas usahanya berapa serta tempatnya bagaimana,” tegasnya.

Lebih lanjut Kristiana menegaskan program Pelita Hati ini akan dilaksanakan secara bertahap di 24 kecamatan. “Ini melanjutkan program yang dulu sebelum PPKM kita keliling. Nama programnya Pelita Hati (Pelayanan Izin Di Tempat Hangat, Amanah, Transparan dan Inovatif),” ujarnya.

Kristiana berharap agar DPMPTSP ini selaku pemberi legalitas perijinan tetap eksis dan tetap terus berusaha bermanfaat untuk masyarakat memberikan pelayanan prima, gratis, cepat dan transparan sehingga perekonomian masyarakat meningkat

“Kami menghimbau kepada masyarakat, ayo urus ijin usahanya. Urus ijin usaha itu mudah dan tidak perlu pakai calo. Datang ke MPP (Mal Pelayanan Publik) bisa atau pelayanan di tempat. Silahkan datang berbondong-bondong untuk mendapatkan surat ijin usaha sehingga ijin usaha ini bisa dipakai untuk salah satu syarat utuk mengembangkan usahanya dan mendapatkan permodalan di bank,” pungkasnya. (wan)