Saturday, July 24, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DPMD Gelar Rakor dan Evaluasi Program Jalin Matra Tahun 2019

DPMD Gelar Rakor dan Evaluasi Program Jalin Matra Tahun 2019

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Rabu (11/12/2019) menggelar rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi Program Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti ratusan orang peserta terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, OPD terkait (Bappeda, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Sosial), Camat dan Kasi Perekonomian Kecamatan lokasi program (14 kecamatan), Kepala Desa dan Bendahara Desa atau Ketua BUMDes lokasi program (45 desa) serta Pendamping Kabupaten Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur Tahun 2019.

Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto mengatakan sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Probolinggo termasuk salah satu dari 15 kabupaten kantong kemiskinan di Jawa Timur. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik hasil Susenas Maret 2019, Kabupaten Probolinggo menempati nomor urut 4 (empat) prosentase penduduk miskin yaitu sebesar 18 70% (Jawa Timur 10,37%) dengan jumlah penduduk miskin 217.060 jiwa.

“Program Jalin Matra merupakan salah satu upaya percepatan dan perluasan penanggulangan kemiskinan di Jawa Timur, dengan program Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) serta Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2),” katanya.

Menurut Edy, lokasi Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo adalah 45 desa di 14 kecamatan, dengan perincian 11 desa lokasi BRTSM dengan rumah tangga sasaran sebanyak 1.176, 31 desa lokasi PFK dengan jumlah rumah tangga sasaran sebanyak 1.085 serta 3 desa lokasi PK2 dengan jumlah rumah tangga sasaran sebanyak 57.

“Sesuai pedoman umum Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur tahun 2019, Sekretariat Program Jalin Matra Kabupaten diketuai oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo dan Tim Fasilitasi Kecamatan merupakan bağian dari sekretariat kabupaten. Tugas yang sangat penting adalah melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi serta memfasilitasi pelaporan pelaksanaan program,” jelasnya.

Lebih lanjut Edy menerangkan pemerintah desa adalah penanggung jawab Jalin Matra di tingkat desa dengan membentuk sekretariat desa selaku pelaksana kegiatan. “Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di 45 desa lokasi program sudah tuntas dilaksanakan sampai dengan proses penyerahan barang bantuan dan rembug pertanggungjawaban (selesai 100%),” terangnya.

Edy menambahkan sampai dengan pelaksanaan rapat koordinasi ini baru 8 desa lokasi program (3 desa penerima PK2 dan 6 desa penerima PFK) yang telah menyelesaikan pertanggungjawaban dan sudah disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo. Sedangkan 37 desa lainnya masih dalam tahap penyelesaian pertanggungjawaban dengan progress yang bervariasi antara 35% sampai dengan 90%.

“Kepala desa yang masih belum menyelesaikan pertanggungjawaban, diminta untuk segera menyelesaikan, mengingat sudah memasuki masa akhir program. Hal ini sebagai antisipasi dan mempersiapkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi, baik dari lembaga pengawasan internal (Inspektorat Provinsi Jawa Timur) maupun pengawasan eksternal (BPK),” pungkasnya. (wan)

cww trust seal