Tuesday, May 21, 2024
Depan > Pemerintahan > DPMD Gelar Bimtek Proses Integrasi Aplikasi CMS dengan Siskuedes

DPMD Gelar Bimtek Proses Integrasi Aplikasi CMS dengan Siskuedes

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) proses integrasi aplikasi CMS dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan yang digelar berkat kerja sama antara DPMD Kabupaten Probolinggo dengan Bank Jatim Cabang Kraksaan ini diikuti oleh 24 orang Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan, 24 orang Operator Kecamatan serta 48 orang Bendahara Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Perubahan Kedua Atas Perbup Nomor 101 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi pengelolaan keuangan desa dengan non tunai dari DPMD Kabupaten Probolinggo dan praktek integrasi aplikasi CMS dengan Siskuedes dari Bank Jatim pusat.

Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat, karena tidak perlu bolak balik datang ke bank. “Selain itu, bendahara pengeluaran besa bisa lebih mudah untuk melakukan monitoring mutasi transaksi dan saldo rekening melalui aplikasi CMS,” katanya.

Menurut Edy, sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini akan dilaksanakan bimtekserupa secara bertahap kepada semua desa. “Harapannya semua desa bisa menerapkan CMS non tunai dalam pengelolaan keuangan desa,” pungkasnya. (wan)