Saturday, April 13, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Gelar Refresh Penyusunan Renstra, Renja dan Cascading

Pemkab Gelar Refresh Penyusunan Renstra, Renja dan Cascading

Reporter : Syamsul Akbar
MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Pembangunan menggelar refresh penyusunan rencana strategis (renstra), rencana kerja (renja) dan cascading Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Probolinggo di Hotel Aria Gajayana Malang, Jum’at dan Sabtu (1-2/3/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh 9 Kepala Bagian dan JF Perencana di lingkup Setda Kabupaten Probolinggo ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari dan Kepala Bapelitbangda (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah) Kabupaten Probolinggo M. Sjaiful Effendi.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi RPD Tahun 2024-2026 dan Draft RKPD tahun 2025 oleh Oka Ferry Sandy dari Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo dan Penyusunan dan Konsistensi Dokumen Perencanaan Renstra, Renja dan Cascading/ Pohon Kinerja oleh Kepala Bidang Rendalev Bappeda Kota Malang Diana Ermandra Dewi.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan meningkatkan pemahaman pentingnya sebuah perencanaan yang merupakan arah dan petunjuk untuk melaksanakan kegiatan selama kurun waktu tertentu. Perencanaan juga merupakan suatu tools untuk melakukan pengendalian pada saat perencanaan telah diimplementasikan menuju suatu pencapaian kinerja.

“Tujuannya meningkatkan pengetahuan lebih tentang perencanaan di lingkup Sekretariat Daerah sehingga dokumen perencanaan yang dihasilkan Sekretariat Daerah berbobot dan berkualitas dan menjadi pedoman dalam merencanakan program dan kegiatan,” ujarnya.

Sementara Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memantapkan kembali tentang dokumen perencanaan, meliputi renstra, renja dan pohon kinerja.

“Dalam kesempatan ini dihadirkan narasumber yang kompeten di bidang perencanaan yaitu dari Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo dan Bappeda Kota Malang yaitu Ibu Diana Ermandra Dewi selaku Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi yang berpengalaman mendampingi kurang lebih 23 kabupaten/kota pengundang,” katanya.

Pj Sekda Heri berharap kegiatan ini diikuti untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman. Jangan sungkan untuk menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam penyusunan dokumen perencanaan.

“Diskusikan apa-apa yang harus dipersiapkan dalam penyusunan dokumen perencanaan sehingga menjadi lebih baik, baik dari sisi keakuratan data, kesesuaian pencatatan, hingga ketepatan waktu penyampaian pertanggungjawaban,” pungkasnya. (wan)