Monday, December 6, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Lakukan Pengambilan dan Pengujian Sample Air Bersih RPH

DPKH Lakukan Pengambilan dan Pengujian Sample Air Bersih RPH

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan pengambilan dan pengujian sample air bersih Rumah Potong Hewan (RPH) di Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang melibatkan Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto didampingi Tim Pengambil Sample Air Bersih dari UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo dan Petugas Teknis RPH ini dilaksanakan di 5 (lima) RPH meliputi RPH Besuk, Krejengan, Maron, Banyuanyar dan Leces.

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan juncto UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan.

Selanjutnya, Permentan Nomor 13 Tahun 2010 Tentang Persyaratan Rumah Potong Hewan Ruminansia dan Unit Penanganan Daging (Meat Cutting Plant) serta Permentan Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Sertivikasi Nomor Kontrol Veteriner Unit Usaha Produk Hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan pengambilan sample air bersih RPH ini bertujuan untuk menjamin hiegine sanitasi ketersediaan air yang ada di RPH.

“Selain itu, sesuai dengan lembar pemeriksaan kelayakan dasar Nomor Kontrol Veteriner (NKV) Unit Usaha RPH, mengetahui kandungan zat di air bersih yang digunakan di RPH serta sebagai salah satu tolak ukur ketersediaan sarana dan prasarana yang baik di RPH,” katanya.

Menurut Niko, hasil pengambilan sample baru diketahui setelah 2-3 minggu UPT Laboratorium DLH Kota Probolinggo melakukan uji kelayakan sample air bersih RPH. “Harapannya pengujian sample air bersih RPH dapat dilakukan secara kontinue untuk menjamin hiegine sanitasi RPH serta sarana dan prasarana RPH khususnya air bersih dapat dicukupi dengan baik,” pungkasnya. (wan)