Monday, December 6, 2021
Depan > Kesehatan > Plt Bupati Timbul Buka Sosialisasi P4GN

Plt Bupati Timbul Buka Sosialisasi P4GN

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko selaku Ketua Satuan Pelaksana Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Probolinggo secara resmi membuka Sosialisasi P4GN, Selasa (23/11/2021) pagi di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo.

Guna menghindari kerumunan dan transmisi penularan Covid 19, sosialisasi P4GN bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa se-Kabupaten Probolinggo itu dilaksanakan tiga tahap selama tiga hari kedepan.

Untuk menunjang kegiatan sosialisasi tersebut, panitia Satlak P4GN menghadirkan beberapa narasumber untuk memberikan materi terkait narkoba dan dampak masalah sosialnya. Diantaranya Kasat Narkoba Polres Probolinggo, Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan perkembangan peredaran dan penyalahgunaan narkoba dewasa ini juga merupakan salah satu dampak negatif dari pesatnya perkembangan teknologi dan informasi.

“Oleh karena itu perlunya untuk terus menerus menumbuhkan kesadaran dan pemahaman, bahwa narkoba merupakan penyakit sosial yang tidak hanya merugikan diri sendiri dan lingkungan, tetapi juga berdampak bagi masyarakat luas,” katanya.

Salah satu strategi yang bisa diterapkan menurut Timbul Prihanjoko ialah dengan membangun sikap dan keterbukaan komunikasi dan jalinan silaturahmi antar sesama, tokoh agama, tokoh masyarakat, aparatur pemerintah, guru, pelajar dan generasi muda.

“Upaya dan sinergi kita selama ini sudah cukup luar biasa untuk penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba ini. Diantaranya pembinaan, penyuluhan dan sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat luas, utamanya pelajar dan generasi muda,” jelasnya.

Selanjutnya Timbul Prihanjoko berpesan, selain filterasi dan langkah antisipatif itu, ikhtiar utama agar terhindar dari narkoba adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta menghindari pergaulan yang mengarah kepada penyalahgunaan narkoba.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Probolinggo kami sangat berharap, semoga melalui kegiatan sosialisasi seperti ini kita semua mampu membawa masyarakat Kabupaten Probolinggo yang Bersinar (Bersih dari Narkoba). Sehingga kita mampu melaksanakan dan meneruskan cita-cita perjuangan bangsa,” pungkasnya. (dra)