Monday, May 20, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DKUPP Sosialisasikan Penerima Hibah Barang Alat Produksi Kue dan Roti

DKUPP Sosialisasikan Penerima Hibah Barang Alat Produksi Kue dan Roti

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi penerima hibah barang alat produksi kue dan roti di J’Bing Cafe & Resto Kecamatan Dringu, Senin dan Selasa (5-6/9/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Kecamatan Pajarakan, Maron, Paiton, Besuk dan Banyuanyar. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Kepala Bidang Perindustrian Arie Kartikasari mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas dan kuantitas dalam memenuhi permintaan pangsa pasar.

“Tujuannya meningkatkan produktifitas IKM, membantu mempercepat IKM dalam memproduksi produk yang dihasilkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas produk IKM serta membantu Pemerintah Kabupaten Probolinggo melakukan terobosan-terobosan dalam menghadapi perkembangan pasar dunia global dengan persaingan yang semakin ketat khususnya untuk wilayah Jawa Timur,” katanya.

Arie menjelaskan kebijakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo di dalam pengembangan perekonomian daerah adalah terwujudnya Kabupaten Probolinggo yang sejahtera, berkeadilan, mandiri, berwawasan lingkungan dan berakhlak mulia.

“Industri Kecil Menengah (IKM) merupakan salah satu sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia karena mampu menyediakan lapangan pekerjaan, sehingga IKM menjadi sumber pendapatan primer maupun sekunder bagi banyak rumah tangga di Indonesia. Selain itu, IKM juga memiliki peran yang penting dalam perekonomian daerah dan mendorong pertumbuhan ekspor,” jelasnya.

Menurut Arie, Pemerintah Daerah mengelola penggunaan sumber daya berdasarkan potensi lokal yang dimilikinya, termasuk mengatur IKM daerah. Basis kegiatan IKM di daerah adalah rakyat kecil.

“Karena itu IKM merupakan salah satu pondasi penting dalam perekonomian nasional, sehingga Pemerintah Daerah perlu memberikan perhatian yang lebih banyak pada pengembangan IKM,” terangnya.

Sehubungan dengan hal tersebut terang Arie, Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian memberikan bantuan hibah berupa alat produksi pembuatan roti dan kue.

“Kabupaten Probolinggo berpotensi untuk mengembangkan produksi roti dan kue sehingga untuk memperlancar produktivitas. Demi kelancaran penyerapan hibah maka diperlukan berbagai kelengkapan administrasi berupa proposal beserta kelengkapan lainnya,” pungkasnya. (wan)