Thursday, September 23, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Lakukan Surveilance NKV PT Surya Jaya Abadi Perkasa

DPKH Lakukan Surveilance NKV PT Surya Jaya Abadi Perkasa

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan surveilance Nomor Kontrol Veteriner (NKV) di PT. Surya Jaya Abadi Perkasa Kecamatan Sumberasih, Senin (23/8/2021).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Yukti Widiatmaningsih, Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto dan drh. Peni Lestari.

Dasar hukum kegiatan adalah Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan Juncto UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Selanjutnya Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan dan Permentan Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner Unit Usaha Produk Hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan lembar kelayakan dasar atas unit usaha PT Surya Jaya Abadi Perkasa.

“Selain itu melakukan pengawasan hiegine sanitasi pengolahan produk hewan serta pembinaan Nomor Kontrol Veteriner kepada unit usaha,” katanya.

Menurut Niko, hasil dari kegiatan ini adalah pengawasan dan pemeriksaan atas lembar kelayakan dasar sesuai Permentan Nomor 11 Tahun 2020 pada PT Surya Jaya Abadi Perkasa Kecamatan Sumberasih diperoleh hanya penyimpangan mayor 1 (satu) yaitu pada pemeliharaan dinding bangunan yang berlubang dan harus segera ditangani.

“Dari surveilance form lembar pemeriksaan kelayakan dasar yang dilakukan tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, PT Surya Jaya Abadi Perkasa layak untuk mendapatkan rekomendasi dan pengajuan NKV ke Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini Niko mengharapkan PT Surya Jaya Abadi Perkasa tetap dapat mengembangkan usahanya di masa pandemi bencana alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Selain itu, PT Surya Jaya Abadi Perkasa dapat meningkatkan level NKV yang diperoleh selama ini,” pungkasnya. (wan)