Depan > Kemasyarakatan > DKUPP Gelar FGD Pendataan IKM di Wilayah Industri Hasil Tembakau

DKUPP Gelar FGD Pendataan IKM di Wilayah Industri Hasil Tembakau

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo menggelar Fokus Group Diskusi (FGD) pendataan Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Industri Hasil Tembakau (IHT) di Pantai Bohay Desa Bhinor Kecamatan Paiton, Kamis dan Jum’at (7-8/7/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta dari Ketua Paguyuban dan anggota dari 7 (tujuh) kecamatan IHT meliputi Kecamatan Pajarakan, Kraksaan, Paiton, Kotaanyar, Pakuniran, Besuk dan Krejengan.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Kepala Bidang Perindustrian Arie Kartikasari mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran tentang perkembangan dan potensi industri di Kabupaten Probolinggo yang nantinya dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu mempromosikan potensi Kabupaten Probolinggo kepada khalayak luas serta memetakan industri kecil menengah di 7 kecamatan IHT di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Arie menjelaskan pendataan IKM di wilayah IHT ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Probolinggo sebagai langkah awal dalam merumuskan strategi perluasan pangsa pasar.

“Tindak lanjut dari kegiatan ini akan dilakukan pemetaan sentra industri baik hasil tembakau maupun non hasil tembakau. Untuk selanjutnya menjadi data base ke Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Lebih lanjut Arie menerangkan bahwa pendataan IKM ini tidak hanya dilakukan pada 7 kecamatan potensi IHT saja, namun direncanakan semua kecamatan di Kabupaten Probolinggo juga akan dilakukan pendataan yang sama.

“Harapannya jika data base IKM sudah ada maka akan lebih mudah menginventarisir jumlah IKM di Kabupaten Probolinggo. Sekaligus mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh IKM mulai dari perijinan, bahan baku serta pemasarannya,” pungkasnya. (wan)