Sunday, January 23, 2022
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Diklatsar Guru PAUD Lokus Stunting

Dispendik Gelar Diklatsar Guru PAUD Lokus Stunting

Reporter : Syamsul Akbar
WONOMERTO – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar) guru PAUD lokus stunting di ruang pertemuan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Wonomerto, 27 Oktober hingga 1 Nopember 2021.

Diklatsar guru PAUD lokus stunting ini diikuti oleh 20 orang guru PAUD yang berasal dari 10 kecamatan meliputi Kecamatan Leces, Tegalsiwalan, Tongas, Sumbersih, Wonomerto, Kuripan, Bantaran, Lumbang, Sumber dan Sukapura yang masing-masing sebanyak 2 (dua) orang guru PAUD per kecamatan.

Sebagai narasumber adalah para PTK PAUD yang sudah terlatih dan bersertifikat PCP tingkat nasional sebanyak 5 orang, Dinas Kesehatan sebanyak 1 orang dan Puspaga Kabupaten Probolinggo 2 orang.

Kegiatan Diklatsar guru PAUD lokus stunting ini dilanjutkan dengan tugas mandiri dan pendampingan selama 30 hari efektif dengan 5 (lima) kali pendampingan oleh petugas pendamping (Penilik PAUD atau Pengawas).

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Yunita Nur Laili mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan guru PAUD terampil dan kompeten dalam mengelola pembelajaran PAUD, menyusun rencana pembelajaran kreatif dan inovatif, mendukung program percepatan penurunan stunting melalui pemenuhan gizi sensitif.

“Dengan kegiatan ini diharapkan ada peningkatan kompetensi guru PAUD sesuai regulasi secara signifikan serta support percepatann penurunan stunting melalui pemenuhan gizi sensitif di lokus desa stunting secara fungsional dengan mengoptimalkan kelas parenting sesuai dengan sikon dan taat protokol kesehatan,” harapnya.

Sementara Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Massajo mengungkapkan dalam rangka memastikan pelaksanaan Diklatsar guru PAUD lokus stunting berjalan lancar tertib dan sukses, sebelum diklat, pihaknya menyusun langkah-langkah pemetaan sasaran peserta, narasumber, tempat dan jadwal kegiatan dibahas bersama tim serta diklat berjalan lancar tertib, peserta sangat antusias.

“Para narasumber sangat kompeten dan terampil membuat suasana diklat happy dan kreatif, diselingi kreasi lagu-lagu, game yang cocok untuk PAUD. Pada kegiatan tugas mandiri selama 1 bulan diharapkan tetap disiplin protokol kesehatan dan aktif konsultasi dengan pembimbing di masing-masing kecamatan yang sudah ditunjuk berdasarkan surat tugas dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Selama kegiatan para guru PAUD ini mendapatkan materi dengan total 48 Jam Pembelajaran (JP) meliputi kebijakan Dinas Pendidikan tentang layanan PAUD, strategi program dan kegiatan PAUD dalam peningkatan APK PAUD dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Probolinggo, konsep dasar PAUD, perkembangan anak, pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus, cara belajar anak usia dini (bermain dan anak), kesehatan dan gizi anak usia dini (pencegahan stunting), etika dan karakter pendidik PAUD, perencanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta komunikasi dalam pengasuhan. (wan)