Depan > Kemasyarakatan > Diskopar Lakukan Pemeliharaan Rumput dan Fasilitas Lainnya SGM Kraksaan

Diskopar Lakukan Pemeliharaan Rumput dan Fasilitas Lainnya SGM Kraksaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kabupaten Probolinggo melakukan pemeliharaan rumput Stadion Gelora Merdeka (SGM) Kraksaan. Pemeliharaan senilai Rp 132.145.500 ini dilaksanakan oleh PT Wira Niaga Group mulai 1 September hingga 29 Desember 2022.

Kepala Diskopar Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto melalui Kepala Bidang Kepemudaan Yuliati mengatakan pemeliharaan rumput dan fasilitas lainnya di SGM Kraksaan ini dimaksudkan untuk merawat rumput lapangan sepakbola dan sekitarnya serta kebersihan fasilitas lainnya.

“Tujuan dari pemeliharaan rumput dan fasilitas lainnya Stadion Gelora Merdeka Kraksaan adalah memiliki lapangan sepakbola yang layak dan berstandar nasional untuk meningkatkan prestasi olahraga cabang sepakbola di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Yuliati sasaran dari pemeliharaan rumput dan fasilitas lainnya Stadion Gelora Merdeka Kraksaan ini dilakukan untuk outsourching pemeliharaan rumput beserta fasilitas lainnya diantaranya merawat, penyulaman rumput dalam lapangan stadion dan kebersihan lingkungan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan.

“Kebersihan lingkungan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan ini dilakukan pada tribun, tolilet dan kamar ganti pemain, pembersihan tumbuhan liar yang merambat di pagar lapangan bola dan atau tumbuhan liar yang masuk ke lapangan sepakbola dan area di luar lapangan sepakbola dalam stadion,” jelasnya.

Yuliati menerangkan rumput dapat digunakan sebagai karpet alami pada lapangan sepakbola, golf, taman, wilayah terbuka pada perkotaan dan sebagainya. Perawatan dan manajemen rumput lapangan mungkin masih dianggap relatif mudah untuk sebagian orang karena tidak melibatkan alat berat atau jenis operasi skala besar dari seluruh pembangunan lapangan sepakbola.

“Namun pada kenyataannya, hal tersebut tidak benar. Detail dan perencanaan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan sepakbola profesional adalah menuntut dilakukannya budidaya dan perawatan khusus rumput menjadi perhatian serius,” terangnya.

Lebih lanjut Yuliati menegaskan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana seringnya lapangan diperlukan. Sebuah lapangan yang digunakan untuk pertandingan selama sepuluh jam seminggu membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk lapangan yang digunakan untuk pertandingan setiap lima belas hari.

“Rumput lapangan adalah salah satu elemen inti dari pemeliharaan lapangan sepakbola yang membutuhkan perawatan dan perhatian agar dalam kondisi pertandingan yang lebih sempurna,” tegasnya.

Yuliati menambahkan kesehatan dan keindahan suatu padang rumput sangat tergantung pada bagaimana teknik budidaya yang dilakukannya. Di luar negeri, jasa agronom sangat dibutuhkan dalam perhatian khusus terkait seni/arsitektur dan agronomi. Namun bukan hanya pemeliharaan rumput perawatan dan kebersihan fasilitas lainnya juga sangat penting.

“Oleh karena itu dibutuhkan clening service sekaligus gardener yang secara kontinyu melakukan perawatan rumput dan kebersihan lingkungan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan. Harapan ke depan kalau sudah bersih dan bagus, seluruh insan olahraga turut menjaga dan memelihara kebersihan rumputnya,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88