Saturday, September 18, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Tebar 58.500 Benih Ikan Wader dan Sengkaring di Ranu Segaran

Diskan Tebar 58.500 Benih Ikan Wader dan Sengkaring di Ranu Segaran

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Sebanyak 58.500 ekor benih ikan wader dan sengkaring ditebar di Ranu Segaran Desa Segaran Kecamatan Tiris, Senin (28/6/2021). Kegiatan penebaran benih/restocking ini dilakukan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo.

Penebaran ikan ini dihadiri oleh petugas dari Diskan Kabupaten Probolinggo serta Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) Waringin Indah Desa Segaran Kecamatan Tiris.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Hari Pur Sulistiono mengungkapkan kegiatan restocking ini bertujuan untuk meningkatkan stok sumber daya ikan di perairan umum, khususnya perairan umum tertutup (ranu). “Selain itu meningkatkan hasil produk perikanan tangkap di perairan umum. Sebab produk perairan tangkap itu ada di laut dan peraiaran umum,” katanya.

Menurut Ipung, panggilan akrab dari Hari Pur Sulistino, penebaran benih di perairan umum ini dilakukan dalam rangka meningkatkan produksi penangkapan ikan di perairan umum melalui kegiatan penyediaan sarana perikanan tangkap untuk wilayah ranu, sungai dan genangan air lainnya.

“”Untuk di Ranu Segaran ini kita tebar dua macam benih ikan yang merupakan kategori ikan lokal langka agar bisa dilestarikan. Yakni, wader sebanyak 50.000 ekor dan sengkaring sebanyak 8.500 ekor,” jelasnya.

Ipung menegaskan bahwa hingga akhir Mei 2021, produk perikanan tangkap di Kabupaten Probolinggo mencapai 11.200 ton untuk berbagai jenis ikan. Sementara khusus untuk produk perikanan tangkap di perairan umum jumlahnya mencapai 80 ton.

“Dengan adanya kegiatan restocking ini diharapkan produk ikan terutama di perairan Ranu Segaran bisa meningkat. Selain itu bisa meningkatkan pendapatan nelayan yang melakukan penangkatan ikan di sekitar Ranu Segaran,” harapnya. (wan)