Sunday, May 19, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Berikan Pelatihan Literasi Bagi Guru Kelas Awal

Disdikdaya Berikan Pelatihan Literasi Bagi Guru Kelas Awal

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan literasi bagi guru kelas awal di aula SDN Semampir 1 Kecamatan Kraksaan, Senin hingga Rabu (8-10/5/2023).

Kegiatan ini diikuti guru kelas awal dari 60 lembaga SD negeri di wilayah Kabupaten Probolinggo. Hari pertama mereka mendapatkan materi apa, mengapa literasi dan growth mindset, hari kedua materinya membaca kata dan kelancaran membaca serta hari ketiga materinya membaca pemahaman dan ketrampilan menulis dan asesmen awal.

Selama 3 (tiga) hari mereka dipandu oleh narasumber terdiri dari Korwil Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya) Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti, Korwil Bidang Dikdaya Kecamatan Sumberasih Yuliastutik dan Kepala SDN Ngadisari 2 Kecamatan Sukapura Marsini.

Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Analis Kebijakan Muda SD Like Widyawati mengatakan dalam pelatihan literasi ini guru dilatih untuk membuat assesmen awal dengan sistem paralel.

“Tujuannya agar guru mampu mendiagnosa awal terkait dengan literasi dari peserta didik. Oleh karena itu kami mengundang dari unsur guru kelas 1, 2 dan 3. Karena kelas awal ini meliputi 3 kelas tersebut,” katanya.

Dengan adanya diagnosa terhadap hasil literasi pada peserta didik khususnya kelas 1, 2, dan 3 terang Like, disitu guru dapat mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap literasinya dan pemahaman terhadap apa yang dibaca baik itu buku cerita maupun pelajaran yang diberikan oleh guru di kelas.

“Melalui kegiatan ini diharapkan guru bisa memahami apa dan mengapa literasi, membaca kata dan kelancaran membaca serta membaca pemahaman dan ketrampilan menulis,” pungkasnya. (wan)