Thursday, February 29, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Dinsos Serahkan Bansos Bagi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Dinsos Serahkan Bansos Bagi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Reporter : Syamsul Akbar
LECES – Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan sosial (bansos) bagi 12 orang pengungsi dari Dusun Kampung Renteng Kamar Kajang Desa Sumberwolo Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Kamis (9/12/2021).

Bantuan sosial sembako berupa beras, gula, minyak goreng dan mie instan ini diserahkan oleh Sekretaris Dinsos Kabupaten Probolinggo Mahbub Maliki di salah satu rumah tempat pengungsian di Desa Malasan Kulon Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo.

“Kalau untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, Insya Allah cukup. Nanti berikutnya kalau ada lagi akan diberikan bantuan oleh Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo,” kata Sekretaris Dinsos Kabupaten Probolinggo Mahbub Maliki.

Menurut Mahbub, sebenarnya 12 orang pengungsi ini merupakan penduduk asli dari Desa Malasan Kulon Kecamatan Leces. Namun selama 17 tahun mereka sudah pindah ke Kabupaten Lumajang dan bekerja sebagai jual beli pasir.

“Namun karena ada erupsi Gunung Semeru, sama saudaranya dibawa pulang ke Desa Malasan Kulon dengan harapan untuk mengurangi beban ekonomi. Sebab rumah dan isinya sudah hancur oleh lahar Gunung Semeru. Hanya tinggal anak dan istrinya. Jadi supaya tenang, mereka dibawa pulang untuk berkumpul bersama keluarganya dan bisa beristirahat,” jelasnya.

Mahbub menjelaskan penyerahan bantuan sosial ini bertujuan untuk mengurangi beban penderitaan warga pengungsi erupsi Gunung Semeru, terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Jadi ini sifatnya adalah membantu warga Kabupaten Probolinggo atau warga lain yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo. Siapapun orangnya, secara kemanusiaan akan kita bantu. Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan bisa bermanfaat,” pungkasnya. (wan)