Monday, June 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Damkar Latih Personil Tangani Lepasnya Selang Nozzle

Damkar Latih Personil Tangani Lepasnya Selang Nozzle

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan kepada personil dalam mengatasi kendala di lapangan berupa lepasnya nozzle, Rabu (1/2/2023) di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curah Sawo Kecamatan Gending.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pencegahan, Keselamatan Serta Pengendalian Kebakaran dan Non Kebakaran pada Satpol PP Kabupaten Probolinggo Kusumo Wardhono Sudibyo ini diikuti oleh 15 personil Damkar Kabupaten Probolinggo. Selama pelatihan ini mereka mendapatkan materi terkait kendala di lapangan berupa nozzle yang lepas dari selang serta formasi regu.

Humas Damkar Kabupaten Probolinggo Sholehuddin mengatakan pelatihan bagi personil Damkar ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan petugas Damkar seiring tersedianya unit Mobil Damkar baru. “Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas personil Damkar Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Udin, demikian panggilan akrab Sholehuddin, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal ketrampilan kepada personil Damkar agar ketika di lapangan ada kendala seperti lepasnya selang nozzle bisa ditangani dengan baik oleh personil. “Hal ini dilakukan sebagai upaya dari meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Menurut Udin, pelatihan bagi personil Damkar ini dilakukan selama kurang lebih 1,5 jam mulai dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB. “Dengan pelatihan ini harapannya personil bisa lebih siap siaga dan lebih terlatih. Ketika ada kejadian dan kendala di lapangan sudah bisa menangani dengan baik,” pungkasnya. (wan)