Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Terima Audiensi HARPI Melati

Wabup Timbul Terima Audiensi HARPI Melati

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko menerima audiensi Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Probolinggo di Guest House Kraksaan, Rabu (1/2/2023) sore.

Turut mendampingi Wabup Timbul, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Probolinggo Dian Cahyo Prabowo.

Rombongan sebanyak 10 orang ini dipimpin oleh Ketua HARPI Melati DPC Kabupaten Probolinggo Endah Kusuma. Dalam kesempatan HARPI juga menyerahkan program kerja tahun 2023 kepada Wabup Timbul.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengharapkan agar keberadaan HARPI Melati ini menjadi bagian dari upaya untuk melestarikan budaya sekaligus mempertahankan budaya.

“Hal ini penting supaya rias pengantin itu bisa menampilkan budaya asli Indonesia. Seperti udeng Okra yang merupakan ciri khas Kabupaten Probolinggo. Tentunya budaya seperti ini yang perlu untuk terus dipertahankan,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, Pemerintah Daerah sangat mendukung apa yang sudah dilakukan oleh HARPI Melati Kabupaten Probolinggo. Termasuk juga meningkatkan pengetahuan yang tidak bisa diabaikan. Semua itu harus terus berubah dan berubah.

“Harapan saya ada apresiasi dari masyarakat, sehingga ke depannya Kabupaten Probolinggo mempunyai sebuah kebanggaan dari seni rias pengantian. Syukur-syukur ada lomba maupun even-even yang bisa tampil dan menjuarai itu sebuah kebanggan. Kami Pemerintah Daerah apa yang kita bisa kita bantu, kita akan fasilitasi,” terangnya.

Sementara Ketua HARPI Melati DPC Kabupaten Probolinggo Endah Kusuma mengungkapkan HARPI Melati merupakan salah satu organisasi yang begerak dibidang sosial dan tidak terlepas dari peran budaya didalamnya.

“HARPI Melati bertujuan untuk menggali dan melestarikan budaya daerah, khususnya Tata Rias Pengantin (TRP) sebagai mitra kursus dan pelatihan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibudristek) RI,” ujarnya.

Endang menerangkan HARPI Melati sebagai wadah untuk tata rias pengantin di seluruh Indonesia memiliki hak cipta di setiap daerah, sehingga tata rias pengantin tersebut dapat dikenal luas oleh daerah lain.

“Berdasarkan tujuannya, HARPI Melati berhubungan dengan peningkatan kualitas perias pengantin sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan serta pelestarian budaya Indonesia khususnya di bidang Seni Rias Pengantin termasuk adat istiadatnya,” pungkasnya. (wan)