Monday, December 6, 2021
Depan > Pemerintahan > Bakesbangpol Berikan Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Bakesbangpol Berikan Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo memberikan pemantapan wawasan kebangsaan dan bela Negara di aula Karya Dharma Kecamatan Sukapura, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang mengambil tema “Mantapkan Nilai Patriotisme di Kalangan Generasi Muda” ini diikuti oleh 70 orang peserta terdiri dari Karang Taruna, Gerakan Pemuda Ansor, Banser, Tagana, pelajar SMAN Sukapura serta Tim Penggerak PKK di wilayah Kecamatan Sukapura.

Pemantapan wawasan kebangsaan dan bela Negara ini dihadiri oleh Camat Sukapura Rochmad Widiarto, Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Integrasi Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Hakam Imani Abubakar serta narasumber dari Kapolsek Sukapura dan Danramil Sukapura.

Camat Sukapura Rochmad Widiarto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bakesbangpol yang telah mengingatkan kembali para pemuda generasi milenial bahwasanya betapa pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mengingat adanya agenda politik di Kabupaten Probolinggo berupa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Tentunya ke depan harapannya para pemuda yang ada di wilayah Kecamatan Sukapura bisa ikut membantu dalam menjaga stabilitas politik Kabupaten Probolinggo. Caranya dengan menepis berita-berita hoaks dan memberikan informasi-informasi terbaru kepada Pemerintah Kecamatan Sukapura,” ujarnya.

Menurut Rochmad, apabila memang ada permasalahan-permasalahan pemerintahan yang perlu ditangani dan apabila ada kejadian-kejadian yang rawan terhadap keamanan dan stabilitas Negara dalam hal ini Kabupaten Probolinggo, hendaknya para pemuda untuk bisa segera melaporkan kepada instansi terkait dalam hal ini Polsek maupun Koramil.

“Melalui kegiatan ini harapannya tentu saja menambah wawasan kepada para pemuda dan generasi milenial yang ada di wilayah Kecamatan Sukapura sehingga mereka bisa lebih paham betapa pentingnya stabilitas politik, stabilitas ekonomi, stabilitas keamanan dan ketertiban lain yang menyangkut hajat hidup orang banyak,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Integrasi Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Hakam Imani Abubakar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan generasi muda agar menjadi pemuda yang mengerti tentang wawasan kebangsaan dan bela Negara untuk bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah selama ini wawasan kebangsaan dan bela Negara para pemuda yang ada di Kabupaten Probolinggo sudah sangat bagus. Hanya saja kita lebih memantapkan lagi karena ini kebetulan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak di 253 desa di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Hakam mengharapkan agar generasi muda lebih mantap lagi dalam pemahaman terhadap wawasan kebangsaan mulai dari Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para generasi muda bisa semakin memiliki karakter yang baik, disiplin, mental yang tangguh serta kesadaran bela negara untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harapnya. (wan)