Depan > Pemerintahan > BKPSDM Gelar Latsar CPNS Golongan II dan III

BKPSDM Gelar Latsar CPNS Golongan II dan III

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyelenggarakan upacara pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) tahun anggaran 2022, Rabu (20/7/2022) di auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo.

Latsar CPNS bagi golongan II dan III kali ini diikuti oleh sebanyak 268 orang CPNS yang terdiri dari 83 orang laki-laki dan 185 orang perempuan, dengan rincian golongan II/B sebanyak 1 orang, golongan II/C sebanyak 168 orang, golongan III/A sejumlah 57 orang, dan golongan III/B sebanyak 42 orang.

Peserta Latsar CPNS ini adalah dari formasi 2021 dan terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 208 orang serta tenaga teknis sebanyak 60 orang. Dari keseluruhan peserta nantinya akan dibagi menjadi 4 (empat) gelombang, 8 (delapan) angkatan dan wajib tinggal di Asrama Diklat BKPSDM Kabupaten Probolinggo di Jl. Raya Dringu Nomor 81 Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Manajerial BPSDM Provinsi Jawa Timur, Nawang Ardiani dan Plt Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko sekaligus untuk membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Latsar CPNS tersebut.

Dalam sambutannya Plt Bupati Timbul Prihanjoko menyampaikan selamat kepada seluruh peserta Latsar dan atas nama Pemkab Probolinggo pihaknya berharap agar ke depannya para angkatan muda CPNS ini dapat menunjukkan potensi dalam bekerja dan berkinerja yang lebih baik.

Plt Bupati Timbul Prihanjoko menuturkan pelatihan dasar bagi CPNS tidak hanya bertujuan untuk memberi bekal dasar dan teknis sebagai Pegawai Negeri Sipil saja, namun juga bekal dalam membentuk sikap dan perilaku yang mencerminkan etika sebagai Pegawai Negeri Sipil.

“Ikutilah prosesnya dengan baik, tekun dan disiplin. Karena inilah proses awal saudara dalam memberdayakan dan meningkatkan potensi diri sendiri, sehingga nantinya siap menjadi abdi negara yang profesional dan handal dalam berkarier di lingkungan birokrasi pemerintahan,” tuturnya.

Senada hal tersebut Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Manajerial BPSDM Provinsi Jawa Timur, Nawang Ardiani mengemukakan pelatihan dasar merupakan ikhtiar dalam rangka menyiapkan kader-kader ASN yang produktif, inisiatif dan inovatif agar nantinya dapat memberikan pelayanan secara profesional kepada masyarakat.

Nawang menyebut para lulusan terbaik CPNS ini merupakan energi baru bagi Pemkab Probolinggo. Sebagai SDM yang ahli di bidangnya masing-masing, mereka siap berkompetensi dan siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Lebih lanjut Nawang menegaskan bahwa CPNS wajib menjalani masa percobaan dalam 1 tahun, dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi. Hal ini untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang.

“Saat ini saudara sedang mengikuti pelatihan dasar dan tahapan klasikal (tatap muka), ikuti dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Saat ini saudara sedang melaksanakan ujian sebagai seorang PNS yang paripurna. Kami semua berharap agar disiplin, attitude dan seluruh loyalitas dapat dilaksanakannya dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Untuk instruktur dan tenaga pengajar Latsar CPNS kali ini berasal dari Widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Pejabat Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Kodim 0820 Probolinggo.

Adapun pelaksanaan Latsar CPNS dilakukan secara blended learning dengan tiga tahapan pembelajaran. Yakni, massive online open courses (pembelajaran mandiri), distance learning (daring) dan klasikal selama 6 hari. Namun sebelumnya seluruh peserta akan menerima pembekalan dan pengarahan di lingkungan Diklat BKPSDM Kabupaten Probolinggo selama 4 hari. (dra)