Thursday, July 29, 2021
Depan > Pemerintahan > BKAD Kecamatan Paiton Gelar Bimtek Penanggulangan Kebakaran Skala Lokal Desa

BKAD Kecamatan Paiton Gelar Bimtek Penanggulangan Kebakaran Skala Lokal Desa

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Paiton bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo dan CSR PT POMI Paiton menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan pelatihan penanggulangan kebakaran skala lokal desa, Jum’at (9/4/2021).

Kegiatan yang digelar di Training Center POH 2 Paiton ini diikuti oleh perangkat desa dan kader desa se-Kecamatan Paiton. Sehubungan masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan ini dibagi dalam 2 (dua) gelombang untuk menghindari kerumunan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bimtek dan pelatihan penanggulangan kebakaran skala lokal desa ini dibuka secara resmi oleh Camat Paiton Muhamad Ridwan didampingi oleh Forkopimka Paiton. Sebagai narasumber berasal dari petugas Damkar Kabupaten Probolinggo dan Damkar PLTU Paiton.

Dalam kesempatan tersebut, para perangkat desa dan kader desa ini mendapatkan materi tentang penanganan jika terjadi kebakaran skala kecil yang terjadi di lingkungan sekitar. Serta bagaimana mengatasi kalau kebakaran itu terjadi pada seseorang.

Camat Paiton Muhamad Ridwan mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari salah satu mandatory Bupati Probolinggo. Tujuannya untuk memberikan pembelajaran dan pemahaman bagaimana teknis pemadaman kebakaran kepada masyarakat.

“Kita koordinasi melalui Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Paiton melatih kader-kader dari desa untuk sikap dan tanggap terhadap bencana kebakaran yang ada di wilayah Kecamatan Paiton,” katanya.

Menurut Ridwan, kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan karena bekerja sama dengan CSR PT POMI Paiton. Paling tidak apabila terjadi kebakaran di setiap desa maka tahap awal memang bisa ditangani oleh desa yang mempunyai kader. Kader yang bisa memberikan masukan dan support kepada masyarakat desa setempat.

“Untuk yang lebih besar tentunya Damkar yang ada di Kabupaten Probolinggo, termasuk Damkar di PLTU Paiton juga akan siap untuk memback up. Minimal kejadian sedini mungkin kebakaran bisa diatasi sendiri oleh masyarakat dan tidak panik,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal