Monday, May 10, 2021
Depan > Kesehatan > Bertambah Dua Orang, Total PDP Jadi 38 Orang

Bertambah Dua Orang, Total PDP Jadi 38 Orang

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Kamis (23/4/2020) malam, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo merilis jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Probolinggo bertambah sebanyak 2 (dua) orang, sehingga totalnya hingga saat ini mencapai 38 orang.

Dengan keterangan 17 orang dalam pengawasan, 12 orang selesai diawasi dan 9 orang meninggal dunia. Dua orang PDP baru ini berasal dari Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan dan Desa Liprak Kulon Kecamatan Banyuanyar.

Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengungkapkan untuk PDP yang asal Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan ini baru saja melakukan perjalanan dari Bali. Yang bersangkutan mengalami sesak napas.

“Sementara PDP yang dari Desa Liprak Kulon Kecamatan Banyuanyar ini dia mempunyai penyakit sesak dan ada juga penyakit jantungnya. Keduanya saat ini menjalani perawatan di RSUD Tongas dengan diobati keluhan-keluhannya. Sambil lalu nanti akan dilakukan rapid test dan swab untuk mengetahui apakah ada penyakit dugaan COVID-19 apa tidak,” katanya.

Sementara untuk PDP lain yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit, Anang menerangkan sampai saat ini kondisinya masih baik-baik saja. Untuk hasil swabnya masih belum keluar.

“Kita posisinya saat ini masih menunggu karena memang antriannya banyak sekali di Surabaya. Jadi kita harus sabar untuk menanti. Harapannya tentu hasilnya negatif dan mereka sakit bukan karena dugaan COVID-19,” terangnya.

Anang menegaskan, orang PDP itu macam-macam dan biasanya PDP itu mereka mempunyai penyakit-penyakit yang mendasari sebelumnya. Ada yang punya TBC, sakit jantung, sakit ginjal hingga terkena AIDS yang biasanya berat-berat semua.

“Situasi-situasi ini artinya berbarengan kondisinya, tapi sejauh ini kita tangani oleh dokter ahli yang ada dan semoga semuanya akan tambah baik. Mudah-mudahan mereka terus sehat dan membaik sehingga daya tahan tubuhnya bagus dan hasil swabnya negatif,” tegasnya.

Saat ini di Kabupaten Probolinggo posisinya untuk pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19) sebanyak 16 orang dan PDP sebanyak 38 orang. Serta, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 356 orang atau bertambah 5 orang dari sehari sebelumnya yang mencapai 351 orang dengan keterangan 221 orang dalam pemantauan, 133 orang selesai dipantau dan 2 orang meninggal dunia. (wan)

cww trust seal