Friday, February 23, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Atap Dua Rumah Rusak, BPBD Serahkan Bantuan Terpal

Atap Dua Rumah Rusak, BPBD Serahkan Bantuan Terpal

Reporter : Syamsul Akbar
LUMBANG – Sebanyak 2 (dua) rumah milik Ngarah dan Sariyo di Desa Negororejo Kecamatan Lumbang mengalami rusak ringan akibat hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai angin kencang, Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 13.00 WIB.

Beruntung peristiwa tersebut tidak sampai mengakibatkan korban jiwa. Namun demikian, peristiwa yang dipicu oleh cuaca ekstrem itu menyebabkan atap asbes kedua rumah tersebut rusak.

Menyikapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melalui Pusdapops PB melakukan koordinasi serta assessmen, identifikasi dan kaji cepat dampak kejadian.

“Ada 2 rumah terkena angin kencang. Kerusakan hanya dibagian asbes saja. Teman-teman Pusdalops PB sudah membantu bersih-bersih. Bantuan sementara kami berikan terpal untuk melindungi dari hujan dan panas,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Moh. Zubaidulloh.

Menurut Zubaidulloh, sesuai dengan peringatan dini 3 harian BMKG, dihimbau wilayah Kabupaten Probolinggo mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

“Himbaun kami selalu waspada dikarenakan cuaca tidak menentu. Kadang curah hujan tinggi dan angin kencang dan masarakat selau melihat kondisi sekitarnya. Apabila ada yang terkena bencana harap segera melaporkan ke perangkat desa,” tegasnya.

Zubaidulloh juga meminta kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. Memeriksa kondisi sekitar rumah serta memantau informasi dari pihak terkait tentang cuaca, tinggi gelombang, peringatan dini dan kondisi spasial lainnya.

“Selalu menjaga kesehatan, kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Tuhan YME,” pungkasnya. (wan)