Tuesday, October 19, 2021
Depan > Pendidikan > 74 Anggota Paskibra Dikukuhkan

74 Anggota Paskibra Dikukuhkan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – 74 pelajar yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke – 73, dikukuhkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, SH, M.Hum.

Pengukuhan dilakukan di gedung pertemuan Djoyolelono, Rabu (15/8/2018) malam, usai penganugerahan Satyalancana Karya Satya.

Prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan Ikrar Putra Indonesia dilanjutkan pemasangan kendit oleh pembina upacara secara simbolis kepada 2 (dua) orang anggota Paskibra.

Prosesi berlanjut dengan penghormatan sekaligus penciuman bendera merah putih oleh seluruh anggota Paskibra. Penyerahan duplikat Bendera Pusaka oleh pembina upacara diterima oleh komandan Paskibra.

Pengukuhan Paskibraka sendiri mempunyai makna bahwa Paskibraka memiliki jiwa kesatria, satu perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, serta rela berkorban untuk Ibu Pertiwi, Tanah Air Indonesia.

Kepada para anggota Paskibra, Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo menegaskan sebagai generasi penerus perjuangan untuk mengisi pembangunan di Indonesia, anggota Paskibra harus memiliki jiwa patriotisme dan mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara.(y0n)