Monday, July 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kemeriahan Pabean Fair Pungkasi Perayaan HUT ke 73 Kemerdekaan RI di Desa Pabean

Kemeriahan Pabean Fair Pungkasi Perayaan HUT ke 73 Kemerdekaan RI di Desa Pabean

Reporter : Hendra Trisianto
DRINGU – Serunya PPI Fair menjadi pungkasan perayaan HUT ke-73 RI tahun 2018 di salah satu lingkungan warga desa Pabean Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, tepatnya di komplek perumahan Pondok Pabean Indah (PPI), Minggu (26/08/2018) pagi.

Berbeda dengan kemasan tahun-tahun sebelumnya, pada puncak peringatan HUT RI kali ini panitia PHBN RW 06 desa Pabean menginovasi gelaran acara berupa beragam rangkaian kegiatan sehari penuh mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan malam hari dengan melibatkan seluruh warga PPI.

Rangkaian kegiatan pada PPI Fair ini di awali dengan senam sehat ceria, tepat pukul 06.00 WIB dan dilanjutkan jalan sehat dengan konsep merah putih dengan tema perjuangan. Kemudian untuk giat malam hari dilanjutkan bazar kuliner kreatif dengan melibatkan seluruh warga dan para pelaku UMKM desa Pabean.

Ada yang menarik pada giat Jalan Sehat ala PPI ini dan cukup berbeda dengan lingkungan lainnya, dimana warga komplek perumahan tersebut sebelumnya di kelompokkan sesuai dengan masing-masing Rukun Tetangga (RT) yaitu sebanyak 6 kelompok RT.

Cara itu semata-mata hanya untuk memudahkan panitia dan juri dalam menilai kekompakan, keguyuban dan tingkat persentase kehadiran dalam memeriahkan HUT RI kali ini. Iring – iringan tersebut tak ubahnya seperti pawai dengan kontingen – kontingen yang terlihat saling unjuk kebolehan melaui yel yel dan atraksi – atraksi lainnya.

“Warga PPI telah menunjukkan semangat yang luar biasa dalam memperingati HUT RI kali ini. Antusias masyarakat seperti ini merupakan Kebanggaan tersendiri bagi kami selaku penyelenggara pemerintahan desa Pabean,” ungkap Bambang Susilo Kepala Desa Pabean saat melepas jalan sehat ala PPI tersebut.

Dalam sambutannya Bambang mengutarakan, bahwa apa yang telah di lakukan warga nya itu sangat menginspirasi pihaknya untuk kemudian berencana mengembangkanya lebih lanjut supaya mencakup lebih luas pada tingkat desa.

“Alhamdulillah hadir disini perwakilan dari Disperindag dan Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, InsyaAllah kedepan kami akan bersinergi untuk mengembangkan PPI Fair ini untuk seluruh desa,” tandasnya.

Sementara Sunarto selaku Ketua RW 06 dan mewakili panitia, sangat mengapresiasi antusias warganya dalam menyambut dan memberikan warna tersendiri pada HUT RI kali ini. Pihaknya menilai melalui momen sakral ini semua terlibat tidak hanya dalam aktifitas Hura – hura saja namun juga mampu memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat.

Lebih lanjut Sunarto mengaku puas atas terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan dengan tingkat kehadiran warga mencapai 80%. Artinya ada saling interaksi dan komunikasi warga masyarakat didalamnya, sehingga melaui wadah PPI Fair ini telah mampu menguatkan jalinan silaturahim antar warga di lingkungannya.

“Kekompakan adalah modal awal bagi kami, jika situasi kemasyarakatan kondusif, guyub dan kompak maka program – program pemerintah apapun yang sifatnya positif dan membangun akan mudah untuk kami salurkan dan diterima oleh masyarakat,” pungkas mantan jurnalis ini. (dra)

cww trust seal