Sunday, September 26, 2021
Depan > Pemerintahan > 30 PNS Ikuti PKA Angkatan IX Pola Kemitraan Provinsi Jawa Timur

30 PNS Ikuti PKA Angkatan IX Pola Kemitraan Provinsi Jawa Timur

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Sebanyak 30 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan IX Pola Kemitraan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Probolinggo selama 91 hari.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolingo tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono, Selasa (24/8/2021) siang di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Puluhan PNS yang mengikuti PKA ini terdiri dari eselon IIIA sebanyak 2 orang dan eselon IIIB sebanyak 28 orang. Terdiri dari 21 orang pria dan 9 orang wanita yang berasal dari golongan IVA sebanyak 16 orang dan golongan IIID sebanyak 14 orang dengan metode Pembelajaran Blended Learning selama 91 hari atau setara 797 jam.

Selama mengikuti PKA mereka akan menerima materi dari tenaga pengajar widyaiswara dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim, Perguruan Tinggi dan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mulai 24 Agustus hingga 26 Nopember 2021.

Pembukaan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh perwakilan peserta. Untuk Pakta Integritas secara simbolis dibacakan oleh Rina Damayanti yang sehari-harinya bertugas sebagai Sekretaris Kecamatan Sumberasih.

Kepala BKD Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan struktural pejabat Administrator secara profesional dengan kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan instansinya.

“Serta menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Sementara Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono menjelaskan kegiatan PKA Angkatan IX Pola Kemitraan ini merupakan implementasi kegiatan pengembangan potensi PNS berharap agar dapat mewujudkan dan menciptakan PNS yang memiliki kompetensi tinggi yang profesional. Ini merupakan sebuah perhatian Pemerintah Kabupaten Probolinggo kepada PNS.

“Peraturan perundang-undangan telah mengamanatkan bahwa setiap jenjang karir pada jabatan struktural harus mengikuti pelatihan kepemimpinan. Dengan Kepemimpinan Administrator diharapkan mampu untuk mendorong sebuah kepemimpinan yang tangkas, bijak, cekatan, progresif, sportif dilandasi dengan kepribadian dan etika yang mulia,” katanya.

Nanang meminta agar PKA ini diikuti dengan sebaik-baiknya untuk menyerap semua materi yang diberikan oleh widyaiswara agar nantinya dapat menciptakan kreatifitas dan inovasi dalam perubahan yang diimplentasikan kepada unit kerja masing-masing.

“Optimalkan kemampuan untuk berfikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan mengatasi permasalahan-permasalahan serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat,” tegasnya. (y0n)