Thursday, February 29, 2024
Depan > Kemasyarakatan > 203 WBP Rutan Kraksaan Terima Remisi Khusus Idul Fitri 1443 H

203 WBP Rutan Kraksaan Terima Remisi Khusus Idul Fitri 1443 H

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 203 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan menerima remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Senin (2/5/2022). Dari jumlah tersebut, 1 WBP akhirnya langsung bebas.

Penyerahan remisi khusus Idul Fitri ini diserahkan secara langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan Bambang Irawan secara simbolis kepada perwakilan WBP Rutan Kelas IIB Kraksaan setelah pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443 H.

Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan Bambang Irawan mengatakan dari total 215 WBP yang diusulkan, ada 203 WBP yang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H. “Dari 215 yang diusulkan, 12 orang telah habis masa pidananya sebelum SK remisi diverifikasi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas),” katanya.

Menurut Bambang, dari total 203 WBP yang mendapat remisi tersebut, 57 orang mendapat pengurangan masa pidana 15 hari, 134 orang mendapat pengurangan 1 bulan dan 10 orang mendapatkan potongan hukuman 1 bulan 15 hari.

“Sedangkan 2 orang menunggu SK susulan yang masih diverifikasi oleh Dirjenpas. Untuk warga binaan yang langsung bebas di hari penuh kemenangan ini ada 1 orang,” jelasnya.

Bambang menerangkan WBP yang berhak mendapatkan remisi khusus Idul Fitri telah memenuhi persyaratan seperti beragama Islam dan telah memenuhi persyaratan administratif serta substantif yakni telah menjalani pidana minimal enam bulan serta tidak terdaftar pada register F atau buku catatan pelanggaran disipilin narapidana.

“Selain itu, warga binaan harus aktif mengikuti program pembinaan di Rutan Kelas IIB Kraksaan dan berkelakuan baik,” pungkasnya. (wan)