Depan > Kemasyarakatan > 18 Wartawan PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo Ikuti UKW

18 Wartawan PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo Ikuti UKW

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Setelah mengikuti pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), sebanyak 18 wartawan yang tergabung pada PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo mengikuti UKW angkatan ke-35 dengan tema “Mewujudkan Wartawan Profesional dan Beretika”, Rabu dan Kamis (6-7/10/2021) di aula Bale Hinggil Probolinggo.

Pelaksanaan UKW ini dibuka secara resmi dengan pukulan gong oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kapolresta Probolinggo AKBP RM Jauhari serta Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Pembukaan UKW angkatan ke-35 ini disaksikan oleh Komisi Kompetensi PWI pusat Djoko Tetuko, Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim, Ketua PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo HA. Suyuti serta perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo dan Kejari Kota Probolinggo.

Ketua PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo HA. Suyuti menyampaikan kegiatan UKW ke-35 ini adalah kegiatan yang pertama kali di Probolinggo dan merupakan sejarah bagi PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena dapat melaksanakan salah satu program UKW sebagai syarat kompetensi wartawan dalam melaksanakan pekerjaannya.

“Harapannya dengan diadakannya Uji Kompetensi Wartawan yang diikuti anggota PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo ini nantinya mampu mengatasi permasalahan atau meminimalisir adanya informasi-informasi yang tidak jelas seiring adanya perkembangan kedepannya,” ujarnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan UKW ini dapat meningkatkan pengetahuan serta kualitas pemberitaan (informasi) dalam mendukung pembangunan di Kabupaten dan Kota Probolinggo.

“Dengan meningkatnya kompetensi wartawan akan menuju pemberitaan yang baik dan berkualitas serta berita-berita yang inovatif dan mendidik. Mari kita sama-sama membangun Probolinggo dimulai dari sisi pemberitaan atau penyampaian informasi yang bermanfaat. Kode Etik jurnalistik harus benar-benar diterapkan dengan baik untuk menjadi wartawan professional,” ujarnya.

Sedangkan Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim menambahkan semua wartawan media cetak maupun media online PWI yang mengikuti UKW patutlah didukung. “Menjalin kerjasama yang baik antara PWI dengan Pemerintah dan Forkopimda dalam menyampaikan informasi melalui pemberitaan,” ungkapnya. (y0n)