Depan > Kemasyarakatan > Gubernur Jatim Pantau Operasi Minyak Goreng Murah

Gubernur Jatim Pantau Operasi Minyak Goreng Murah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa memantau pelaksanaan operasi minyak goreng murah yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur di halaman UPT Bapenda Samsat Kraksaan, Minggu (6/3/2022) sore.

Kedatangan Khofifah yang didampingi sejumlah pejabat Pemprov Jawa Timur ini disambut oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Pimpinan BUMD Provinsi Jawa Timur, sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Ketua PCNU Kota Kraksaan.

Begitu sampai di area operasi minyak goreng murah ini, Khofifah langsung meninjau secara langsung dan menyapa sejumlah masyarakat yang sedang antri untuk mendapatkan minyak goreng sebanyak 2 liter dengan harga Rp 25.000. Untuk mendapatkan minyak goreng murah ini, masyarakat harus menyerahkan fotocopy KTP.

Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa mengatakan terakhir tanggal 4, 5 dan 6 Maret 2022 ini sudah ada 2,7 juta liter minyak goreng yang didistribusikan di 38 kabupaten/kota dalam keadaan curah maupun kemasan premium.

“Tiga kali saya bersama RNI dan APPMGI (Asosiasi Pengusaha Pengemas Minyak Goreng Indonesia) memberangkatkan yang kemasan premium dari Grahadi. Selebihnya yang curah terus akan diarahkan ke pasar-pasar tradisional. Insya Allah sekarang ini masih ada 1,7 juta liter proses pengemasan. Pokoknya selesai langsung di distribusi,” katanya.

Khofifah menjelaskan pada tanggal 9 Maret 2022 ini, akan datang lagi minyak goreng sebanyak 4 ribu ton. Pihaknya akan terus mengajak APPMGI untuk mengemas supaya lebih tahan lama.

“Kalau minyak goreng tidak dikemas atau curah, 4 hari dia punya ketahanan. Lebih dari 4 hari sudah ada gelembung-gelembungnya. Tapi kalau dalam bentuk kemasan dia bisa tahan lama,” jelasnya.

Menurut Khofifah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan terus melakukan ikhtiar dan tim dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus melakukan pendampingan. RNI juga terus membantu bagaimana pengadaan dan distribusinya. Untuk APPMGI itulah yang terus dikoordinasikan oleh Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur supaya barang datang langsung dikemas dan kirim.

“Selain kemasan kita juga mengirimkan minyak goreng dalam bentuk tangki minyak goreng curah. Jadi saling melengkapi dan untuk operasi pasar minyak goreng ini dijual 2 liter dengan harga Rp 25 ribu,” tegasnya.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan operasi pasar ini menindaklanjuti arahan pemerintah pusat terkait kebijakan minyak goreng 1 (satu) harga yang bertujuan mengurangi kelangkaan minyak goreng di masyarakat, memangkas distribusi minyak goreng yang mengakibatkan terhambatnya pengiriman pasokan minyak goreng dan agar UMKM dapat berproduksi sebagaimana mestinya.

“Sasaran pelaksanaan operasi pasar adalah pasar-pasar besar di Kabupaten Probolinggo dan para UMKM yang memiliki izin lengkap dan saat ini terhambat produksinya akibat kurangnya pasokan minyak goreng,” ujarnya.

Hasyim menjelaskan Disperindag Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Disperindag Provinsi Jawa Timur melalui PT. Megasurya Mas Sidoarjo telah melakukan operasi pasar sebanyak 4 (empat) kali. Harga minyak goreng operasi pasar Rp. 13.500/liter dengan total penyaluran sebanyak 44.166 liter.

“Operasi pasar dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan dengan syarat fotocopy KTP warga Kabupaten Probolinggo dan pembatasan pembelian 1 KTP untuk 2 liter minyak goreng,” jelasnya.

Lebih lanjut Hasyim menambahkan pihaknya juga melakukan operasi minyak goreng murah bagi 57 pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Probolinggo dengan diberikan minyak goreng kemasan 18 liter seharga Rp 13.500 per liternya.

“Untuk UMKM tidak dibatasi jumlahnya dengan syarat ada ijin usaha, NPWP dan KTP Kabupaten Probolinggo. Hal ini kita lakukan agar tidak terjadi aksi borong dan panik buying (pembelian berlebihan) dan untuk produksi usahanya,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot slot pulsa