Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Tinjau Lokasi Terdampak Luapan Sungai Kertosono

Wabup Timbul Tinjau Lokasi Terdampak Luapan Sungai Kertosono

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko melakukan peninjauan ke lokasi terdampak banjir luapan Sungai Kertosono yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan, Sabtu (19/11/2022) sore.

Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, Kepala Pelaksana BPBD Rachmad Waluyo, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif, Sekretaris Satpol PP Asep Chairul Saleh, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan A’at Kardono serta Sekretaris Kecamatan Kraksaan Yasin dan Forkopimka Kraksaan.

Peninjauan ini diawali di Gang Kamboja RW 05 Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan. Di lokasi ini, puluhan rumah warga sempat kemasukan air akibat luapan Sungai Kertosono yang berada di sebelah timur permukiman warga. Bahkan sisa-sisa air luapan masih menggenang di beberapa sudut rumah warga.

Dalam kesempatan Wabup Timbul juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak luapan air banjir Sungai Kertosono. Bantuan ini berasal dari BPBD Kabupaten Probolinggo dan Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

Peninjauan selanjutnya dilakukan di aliran Sungai Kertosono yang berada di kompleks Pondok Pesantren Al-Mashduqiyah di RT 01 RW 06 Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan. Di lokasi ini Wabup Timbul dan rombongan melihat dari dekat kondisi bibir sungai yang tergerus oleh luapan banjir. Bahkan luapan air Sungai Kertosono itu langsung masuk ke komplek pondok pesantren tersebut.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan peninjauan ke lokasi terdampak banjir luapan Sungai Kertosono ini dilakukan untuk melihat dari dekat dampak dan penyebab terjadinya banjir tersebut.

“Alhamdulillah, kebetulan saya juga didampingi oleh SBH Provinsi Jawa Timur. Insya Allah perencanaannya sudah dilakukan untuk tahun yang akan datang. Nantinya akan dilakukan perbaikan-perbaikan di sungai ini. Perencanaan perbaikannya sekitar 7 kilometer mulai dari Desa Kalibuntu ke selatan. Karena memang wilayahnya Provinsi Jawa Timur, jadi kita hanya meminta untuk segera ditangani,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, untuk penanganan sepanjang aliran Sungai Kertosono ini sepenuhnya menjadi kewenangan dari Provinsi Jawa Timur. Tetapi pihaknya terus berkoordinasi bagaimana ini bisa segera ditangani oleh Provinsi Jawa Timur.

“Untuk penanganan terhadap warga yang terdampak dari luapan banjir Sungai Kertosono ini, kita akan memberikan bantuan-bantuan yang sudah disiapkan oleh BPBD dan Dinas Sosial. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi seluruh warga terdampak banjir,” harapnya.

Selain di Kelurahan Patokan, banjir akibat luapan Sungai Kertosono ini juga melanda Desa Rangkang dan Kelurahan Kraksaan Wetan. “Untuk penanganannya sama seperti yang ada di Kelurahan Patokan,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot