Monday, May 20, 2024
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Sambang Tretan dengan Kades Tiga Kecamatan

Wabup Timbul Sambang Tretan dengan Kades Tiga Kecamatan

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo kembali menggelar kegiatan silaturahim dalam bentuk sambang tretan antara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dan Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko dengan kepala desa dan perangkat dari tiga kecamatan, Kamis (16/2/2023) di Pendopo Kecamatan Dringu.

Sambang tretan di Pendopo Kecamatan Dringu ini melibatkan kepala desa (kades) didampingi Ketua TP PKK Desa serta perangkat desa dari Kecamatan Dringu, Gending dan Pajarakan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto didampingi Camat Dringu Heri Mulyadi, Camat Gending Deny Kartika Sari dan Camat Pajarakan Didik Abdul Rohim.

Sambang tretan ini diawali dengan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim. Dilanjutkan dengan penyerahan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris. Yakni, ahli waris almarhumah Sulika yang telah bekerja sebagai perangkat Desa Sumbersuko Kecamatan Dringu.

Santunan jaminan kematian juga diserahkan kepada ahli waris almarhum Bambang Sutrisno selaku perangkat Desa Sebaung Kecamatan Gending dan ahli waris almarhum Sudarto sebagai perangkat Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul juga menyerahkan piagam penghargaan atas prestasi yang bekerja sangat baik dalam koordinasi pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) di tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada Kepala Desa Sekarkare Kecamatan Dringu Senadi.

Wabup Timbul Prihanjoko menjelaskan sambaing tretan ini adalah ajang silaturahmi dalam hal tatap muka dan dialog antara kepala daerah beserta kepala OPD dengan para kepala desa. Dimana momentum ini sebagai wadah pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa.

“Aparatur desa dituntut mampu meningkatkan kinerja, disiplin, berkemampuan manajerial dan profesional. Kepala desa dan perangkat desa juga dituntut harus lebih meningkatkan kapasitasnya. Aparatur pemerintah desa juga dituntut mengoptimalkan potensi yang dimiliki desanya agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, kepala desa beserta perangkat desa berperan penting terhadap pembangunan di desa. “Tentunya saya berharap kepada kepala desa dan perangkat desa yang selalu didukung oleh TP PKK desa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desanya,” pungkasnya. (y0n)